Jejak Terkini

Kesan Louis Piraux, Bule Perancis yang Menaklukan 7 Summits Sembalun

Louis saat menaklukan Bukit Anak Dara

MATARAM
-- Dataran Sembalun memiliki sejumlah bukit dengan ketinggian rata-rata di atas 1.500 meter dari permukaan laut (MDPL). Dari sejumlah bukit yang ada, beberapa diantaranya masuk kategori 7 summits (puncak tertinggi).

Model bentangan alam pegunungan yang dimiliki kawasan Sembalun bukan saja indah. Belakangan kawasan ini menjadi salah satu destinasi paling diincar di Lombok oleh wisatawan seluruh dunia.

Tak heran jika dataran tinggi Sembalun masuk dalam catatan staycation tertinggi di Pulau Lombok. Catatan ini mengemuka sepanjang pandemi virus Corona mengepung.

Diketahui, 7 Summits Sembalun terdiri dari Bukit Pergasingan, Bukit Anak Dara, Lembah Gedong, Bukit Kondo, Bukit Sempana, Bao Titip dan Rinjani.

Dari 7 puncak tertinggi itu, rupanya tidak sedikit wisatawan yang tertarik menaklukannya. Satu demi satu puncak tertinggi itu dijajal.

Adalah Louis Hendra Liem Wei Siang Piraux misalnya. Remaja 16 tahun berkebangsaan Perancis ini telah menyelesaikan Sembalun 7 Summits (S7S).

Louis saat menaklukkan Bukit Sempana.

"Luis menyelesaikan perjalanan dan pendakiannya selama 6 bulan untuk S7S," ungkap Chandra Tour Operator Luis kepada JEJAK LOMBOK, Senin (1/6).

Puncak pertama yang ditaklukan remaja dengan pangggilan Louis ini dimulai di Bukit Pergasingan 13 Desember 2020 lalu. Menyusul setelah itu, beberapa bukit lainnya satu demi satu ditaklukkannya.

Perjalanan menaklukan sejumlah bukit itu tidak dilakukan sekaligus. Luis menjajalnya satu demi satu secara maraton.

Dari setiap bukit yang ditaklukan, durasi waktu yang dihabiskan remaja ini beragam. Ada yang satu sampai dua hari, bahkan ada yang sampai 1 Minggu.

Tuntas menyelesaikan pendakian di 6 bukit di kawasan itu rupanya tak membuat Luis puas. Ia harus menuntaskan satu puncak lagi yang tertinggi, yakni Gunung Rinjani.

Chandra menyebutkan, Louis sepertinya tidak cukup dengan hanya mendaki 6 bukit yang ada. Atap Pulau Lombok bernama Rinjani rupanya menjadi daftar terkahir yang harus ditaklukan.

"Baru kemarin pada tanggal 29 Mei 2021 ini, Luis sudah menyelesaikan pendakiannya. Ia berhasil 7 Summits di Rinjani," jelasnya.

Sementara itu, Louis kepada media ini banyak menuturkan kesan dan pengalamannya selama pendakian. Dari 7 puncak pendakian yang dilalui, bukan Rinjani menjadi pendakian terberat.

"Yang paling sulit adalah Bukit Bao Ritip. Medannya sulit dan lelah naik turunnya," ucapnya.

Perkenalan dengan pendakian, ucapnya, berawal ketika salah satu teman ibunya mengajak mendaki ke Bukit Pal Jepang. Setelah itu, ia juga mendaki ke Savana Propok.

Sejak saat itu, Louis mengaku tertarik dengan wisata pendakian. Sejak itu pula, ia tertantang menaklukan 7 Summits di Sembalun.

Sedianya Luis mengaku tak pernah sama sekali melakukan pendakian. Bahkan di negara asalnya di Perancis, ia sama sekali tidak pernah mendaki.

Louis saat menaklukan puncak Gunung Rinjani.

Dalam rentang 6 bulan menaklukan 7 Summits, ada banyak kesan yang tertinggal di benak remaja ini. Sembalun tak saja disebutnya memiliki keindahan luar biasa, tapi juga keramahan warga sekitar menjadi kesan tersendiri.

"Tour operator-nya sangat baik. Orang-orangnya sangat ramah," ucapnya.

Sekembali ke tanah airnya, Luis berjanji akan menebar cerita dan pengalaman yang dilaluinya. Ia bakal mengajak teman-temannya untuk kembali tanah Sembalun menyaksikan keindahan yang pernah disaksikannya. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar