Jejak Terkini

18 Pemuda Terpilih dari Desa Penyangga Mandalika Ikuti Pelatihan Mekanik

Kuta Mandalika

PRAYA
-- Sebanyak 18 pemuda terpilih dari enam desa penyangga The Mandalika akan mengikuti pelatihan mekanik sepeda motor yang diselenggarakan oleh ITDC.  

Pelatihan tersebut dilakukan atas dasar kerjasama Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) selama 4 bulan. Pelatihan ini bertujuan menyiapkan tenaga mekanik sepeda motor yang terampil dan profesional. 

Selain itu, peserta pelatihan nantinya akan dilatih mandiri. 

Baru saja, ITDC telah usai melakukan rekrutmen peserta di enam desa penyangga. Keenam desaitu yakni, Desa Mertak, Desa Rembitan, Desa Prabu, Desa Kuta, Desa Sukadana dan Desa Sengkol. 

Untuk permulaan, dari tahap seleksi panitia memilih tiga orang pemuda dari setiap desa. Dari hasil seleksi tersebut, ITDC telah menjaring 37 orang pendaftar dari enam desa. 

Dalam pemilihan tersebut, yang utama dipilih dari lulusan siswa SMA/SMK atau sederajat dengan kategori usia maksimal 27 tahun.

Selanjutnya, peserta akan mengikuti tahap seleksi sejak 16 hingga seleksi akhir. Pada seleksi tersebut nantinya 12 orang terbaik memiliki kesempatan mengikuti pelatihan selama 3 bulan di AHASS. 

Hal itu diungkakan Vice President Corporate Secretary ITDC Miranti Nasti Rendranti pada Kamis (17/6).

Miranti mengaku senang dengan adanya kegiatan tersebut. Pihaknya telah membantu masyarakat Lombok Tengah guna mendukung pengembangan kawasan the Mandalika. 

Menurutnya, kawasan the Mandalika membutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni. Karena itu, ia berharap dengan adanya pelatihan ini pihaknya mendapatkan pemuda terbaik yang siap bergulat pada event internasional.

"Kami berharap mendapatkan pemuda-pemuda terbaik dari desa penyangga untuk dilatih menjadi tenaga terampil yang siap mendukung perhelatan moto GP di Mandalika," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kuta, Lalu Mirate mengungkapkan, pihaknya merasa optimis dengan pelatihan mekanik tersebut akan mendorong semangat belajar anak muda di desanya. 

Selain itu, pemuda desanya dapat memotivasi diri lebih mandiri dalam berwirausaha di masa yang akan datang. Kedepan, ia yakin pemudanya dapat menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar, khususnya di bidang perbengkelan. 

Ia berharap pelatihan semacam itu terus dilakukan guna mencetak SDM yang mumpuni. Harapan lainnya ditujukan kepada masyarakat desa penyangga Mandalika agar merasakan manfaat kehadiran ITDC.

"Kami selaku warga desa penyangga The Mandalika berharap pelatihan semacam ini dapat terus dilakukan untuk membangun sumber daya manusia yang berdaya saing," singkatnya. (hs)

Posting Komentar

0 Komentar