Tim Uji Fungsi Turun Cek Pamsimas Sekotong Tengah

PERIKSA: Tim Uji Fungsi memeriksa kondisi SPAMS yang dibangun di Desa Sekotong Tengah.

GERUNG
–Desa Sekotong Tengah Kecamatan Sekotong Lombok Barat merupakan salah satu titik tempat dibangunnya sarana penyediaan air minum berbasis masyarakat. Program ini tepatnya di Dusun Serero yang berada di puncak bukit dan selalu mengalami kekeringan ketika musim kemarau tiba setiap tahun.

Namun dengan adanya program Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat (Pamsimas) telah berdampak bagi ketersediaan air minum di dusun itu. Dalam program ini telah dibangun 1 buah reservoir (bak penampung), 1 rumah panel, 7 kran umum dan 3 sambung rumah (SR).

"Alhamdulillah sejak masuknya program Pamsimas di Dusun Serero telah mengurangi beban warga dengan kekurangan air bersih saat musim kemarau," ucap Sekdes Sekotong Tengah, Muhammad Rasid saat menerima Tim Uji Fungsi, Rabu (25/11).

Sebelum adanya Pamsimas, jelasnya, banyak warga Dusun Serero kesulitan air bersih. Karena itu, kehadiran Pamsimas ini diharap mendatangkan manfaat bagi warga desa tersebut.

Dia mengatakan, selain berupa sarana penyediaan air bersih, kegiatan sanitasi  juga dibangun tempat cuci tangan berupa 1 CTPS berbasis masyarakat. Ada juga 2 CTPS sekolah dan toilet siswa di lingkungan sekolah Madrasah Ibtidaiyah Ta'limussibyan Dusun Telor Jago Desa Sekotong Tengah. 

Terhadap proyek ini, Tim Balai Provinsi NTB, Pamsimas Lombok Barat dan Fasilitator Pamsimas melakukan pengecekan lapangan. Pengecekan ini dilakukan terhadap SPAMS yang telah terbangun mulai dari reservoir, perpipaan, pompa, dan sarana CTPS, serta sambungan rumah (SR). 

"Pengecekan dan pengamatan di lapangan untuk mencocokkan spesifikasi teknis dan keberfungsian sarana pembangunan tersebut," katanya. 

Dia menjelaskan, tim juga melakukan diskusi dengan warga penerima manfaat program Pamsimas. Langkah ini diambil untuk  memastikan sarana menjangkau layanan di daerah dan dusun yang tepat.

Sementara itu, DC Pamsimas Lalu Hendra menuturkan, dengan adanya sarana air minum dan sarana sanitasi yang telah dibangun agar dikelola dengan baik dan berkelanjutan. Dengan demikian dapat bermanfaat bagi masyarakat. 

"Semoga dukungan pemerintah desa, KKM dan masyarakat kita sebagai pengguna air agar sarana ini berkembang dan dapat melayani seluruh masyarakat Dusun Serero dan Sekolah Mi Ta'limussibyan Desa sekotong tengah," harapnya. 

Sementara itu, berdasarkan hasil uji fungsi dan pengecekan di lapangan, Tim Balai PU Provinsi dan DPMU Pamsimas Lombok Barat merasa puas. Tim DPMU memberikan apresiasi kepada Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) dan Satlak yang dapat menyelesaikan program Pamsimas. 

Apresiasi juga diberikan kepada pemerintah desa atas dukungannya kepada KKM dan Satlak. (and)

Posting Komentar

0 Komentar