Nyaris Babak Belur Dihajar Massa, Pelaku Curanmor Diselamatkan Polisi

DISELAMATKAN: Andai tidak diselamatkan, terduga pencuri sepeda motor ini habis dihakimi massa.

GERUNG
--Operasi Zebra Rinjani 2020 di Lombok Barat berhasil menggagalkan aksi pencurian sepeda motor. Penggagalan ini sekaligus menyelamatkan terduga pelaku dari amukan massa.

Operasi Zebra Rinjani yang di Desa Rumak, Kecamatan Kediri Lombok Barat oleh personil Polres Lobar ini sebenarnya operasi berupa kegiatan imbauan simpatik atau tanpa penindakan.

Kasat Lantas Polres Lombok Barat IPTU Rita Yuliana mengatakan, peristiwa tersebut terjadi ketika personel Operasi Zebra Rinjani Polres Lombok Barat melakukan himbauan, Sabtu (31/10).

“Saat itu, jajaran Ops Zebra Rinjani Polres Lombok Barat sedang mebagikan masker dan hand sanitizer kepada pengendara yang tertib, tiba-tiba dari arah Mataram ada kendaraan Beat yang diteriaki oleh warga,” ungkapnya.

Atas teriakan warga tersebut, spontan mengambil perhatian petugas yang sedang melaksanakan kegaiatan operasi.

“Warga teriak maling dari arah jauh. Anggota saya Aipda Yusuf langsung menghentikan aksi terduga pelaku pencurian sepeda motor tersebut,” sambungnya.

Ia menjelaskan, personel Satuan Lalulintas Polres Lombok Barat sudah berupaya menghentikan kendaraan tersebut. Namun tidak diindahkan oleh terduga pelaku.

“Sehingga langsung mengambil ancang-ancang, kemudian menendang kendaraan roda dua tersebut. Setelah ditendang, pencuri tersebut kemudian terjatuh di aspal,” terangnya.

Pelaku terjatuh dari sepeda motor yang diduga merupakan hasil curian tersebut. Namun pelaku bukannya menyerahkan diri ke polisi, karena panik pelaku malah sembunyi ke salah satu rumah warga,” imbuhnya.

Namun bukannya mendapat perlindungan dari warga, terduga pelaku malah akan akan dihakimi oleh warga setempat yang berang atas ulahnya. Kemudian anggota yang melaksanakan Ops Zebra bersama-sama langsung mengejar dan mengamankan pelaku untuk mengantisipasi amukan warga.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S. Wibowo membenarkan, jajarannya berhasil menghentikan dugaan aksi pencurian sepeda motor ini.

“Terduga pelaku saat ini sudah diserahkan kepada Satuan Reserse Kriminal Polres Lombok Barat untuk diproses lebih lanjut,” ungkapnya

Dari hasil pemeriksaan awal, pelaku mengakui beraksi seorang diri dan dikejar oleh pemilik kendaraan. Untuk sementara, baik terduga pelaku maupun korban sedang dimintai keterangan di Satuan Reserse Kriminal Polres Lobar, termasuk Barang Bukti berupa sepeda motor Beat yang telah diamankan.

Sementara itu, viralnya peristiwa kebrehasilan polisi dalam menggalkan aksi Curanmor ini,  Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol. Artanto menghimbau, masyarakat hendaknya tetap tenang dan menyerahkan proses hukumnya kepada pihak kepolisian.

“Walaupun Operasi Zebra Rinjani kali ini bentuknya adalah kegiatan simpatik, kami berharap agar masyarakat tetap tertib dalam berlalu lintas, termasuk dalam penerapan protokol kesehatan juga ini sangat penting,” tandasnya. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar