Hobi Camping? Yuk Cobain Panorama Alam Terbuka Timponan

BIKIN BETAH: Berkemah di Camping Groun Timponan dengan pemandangan alam terbuka membuat pengunjung menjadi betah. 

GERUNG–Ingin lebih dekat dengan alam? Tak ada salahnya Anda mencoba berkemah (ngecamp) di tengah alam yang asri.

Lokasi camping yang satu ini letaknya di wilayah Kabupaten Lombok Barat (Lobar). Yakni di wisata alam Camping Ground Timponan yang berada di Punikan, Desa Batu Mekar, Kecamatan Lingsar.

Saat berkemah sebaiknya Anda menyiapkan sejumlah barang yang digunakan. Yang terpenting, membawa jaket atau selimut tebal. Ini penting karena Anda tidak tahu akan sedingin apa di malam hari di tengah alam terbuka.

Ketua koperasi HKM Jangkok Lestari Mandiri Lalu Buhori kepada JEJAK LOMBOK, Minggu (1/11) mengatakan, wisata alam Camping Ground Timponan sudah dibuka sejak 2 bulan lalu. Ke lokasi perkemahan ini, para tamu tidak usah bingung, karena bisa menggunakan sepeda motor menyusuri panorama alam hutan yang hijau dengan jaraknya tempuh sekitar 3 kilo meter.

"Di sini pagi pagi dan malamnya yang kita jual, karena para tamu bisa melihat view panorama pagi dan cahaya lampu malam dari Bukit Tembiring 3 kabupaten yakni Lombok Tengah, Lombok Barat, dan Kota Mataram," kata Buhori.

Dia menyebut, di lokasi ngecamp ini tidak hanya menikmati view malam. Tetapi para tamu juga bisa menikmati kesegaran air terjun Timponan dan tidak jauh dari lokasi ngecamp. 

"Kita juga berkolaborasi dengan Lombok rafting untuk rafting dan tubbingnya. Termasuk ada paket sepeda, soft tracking dan family gattering," akunya.

Bagi para tamu yang ngecamp di sini, dikenakan tarif 50 ribu per 1 tenda isi 4 orang. Tarif itu sudah termasuk bayar pakir dan tiket masuk ke air terjun.

Tidak perlu khawatir ngecamp di sini. Apabila para tamu kehabisan stok makanan, sudah disediakan warung makan.

"Lokasi ngecamp kita ini kurang lebih luasnya 15 are dari bukit dengan ketinggian 1800 MDPL," jelasnya.

Pada kesempatan itu kata dia, orang ramai ngecamp biasanya Sabtu-Minggu di hari weekend (akhir pekan). 

"Semoga setelah dibuka lokasi Camping Ground Timponan, para pecinta camping untuk mencoba tempat kita ini. Dan bisa mendapatkan pendapatan bagi koperasi khususnya untuk izin usaha pengelolaan jasa lingkungannya," harapnya.

Sementara itu, salah satu tamu camping asal Sesaot, Ajudinnur menuturkan, tempat ngecamp ini sangat bagus. Daya tariknya didukung berbagai atraksi seperti rute sepeda gunung untuk MTB-nya, ada air terjun dan akses jalan sudah bagus. 

"Keistimewan lain di tempat ini juga, kita tidak kesulitan makanan seperti sayuran dan buah-buahan untuk survivalnya," katanya.

Selain itu kata dia, Desa Batu Mekar juga terkenal sebagai sumber buah-buahan seperti manggis, durian dan rambutan (Madura). Kondisi ini menjadi pendukung data tarik wisata di tempat ini.

"Dengan adanya tempat ngecamp baru, bisa mendongkrak kesejahteraan masyarakat terutama dengan melimpahnya buah-buahan Madura ini paling tidak dengan nilai jual lebih tinggi," harapnya.

Dia juga menyebut, bisa memberikan nilai tawar dan atraksi yang berbeda dengan tempat wisata lain terutama menyangkut wisata alam. Dengan begitu bisa mendorong percepatan pembangunan pariwisata di Kabupaten Lombok Barat secara umum dan terutama di Kecamatan Lingsar secara khusus di Desa Baru Mekar.

Terpisah, Kades Batu Mekar Juminah mengaku, pihak Pemdes mendukung sepenuhnya dengan dibukanya Camping Ground Timponan ini.

"Kita sudah wacanakan juga bisa berintegrasi dengan desa untuk menunjang wisata desa," katanya.

Menurut dia, untuk pendanaan nantinya disiapkan dan bersinergi lewat BUMDes menanam saham dalam pengelolaan sesuai kesepakatan bersama koperasi Jangkok Lestari Mandiri. Tempat ini juga sudah ada swakelola kewenangan karena di luar kawasan desa dan itu sudah masuk kawasan hutan.

"Semoga tempat ngecamp ini bisa terkenal  dan ramai dikunjungi baik tamu lokal dan luar Nusa Tenggara Barat (NTB)," tutupnya. (and)

Posting Komentar

0 Komentar