Jejak Terkini

78 UKM di Lotim Terima Bantuan Usaha

BANTUAN: Baznas Lotim saat memberikan bantuan kepada para pelaku UKM.

SELONG--Basnaz Lombok Timur memberikan bantuan usaha kepada 79 UKM di daerah ini. Bantuan dihajatkan kepada para pelaku usaha kecil menengah.

"Ada sekitar 600 warga Lombok Timur yang tergabung dalam 79 kelompok bersama diberi bantuan modal usaha mustahik," ucap Ketua Bazna Lombok Timur, Ismul Basyar, Jumat (11/9).

Bantuan tersebut diterima secara simbolis di pendapa bupati setempat. Dimana bantuan ini diberikan untuk yang ketiga kalinya.

Pada pemberian bantuan pertama, ucapnya, Baznas telah memberikan kepada 19 UKM di daerah ini. Sementara untuk tahap kedua diberikan kepada 87 UKM.

Ia menjelaskan, jumlah yang diberikan bantuan modal bervariasi. Jumlahnya tergantung jenis usaha dan total anggaran yang disiapkan pihaknya.

"Pemberian jumlah modal setiap UKM itu kami berikan tergantung dari analisa kebutuhan modalnya. Jika bakulan ya sekitar Rp 2,5 juta, tapi jika usahanya melibatkan bayak kelompok maksimal Rp 5 juta. Sementara yang mandiri Rp 500 ribu," jelasnya.

Ia berharap bantuan yang diberikan kepada UKM dapat memberikan manfaat. Selain itu, diharap pula bisa meningkatkan perekonomian mereka.

Sementara itu, Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmi menerangkan, ia mengapresiasi bantuan tahap ketiga. Bantuan itu sangat bernilai dalam upaya membangkitkan ekonomi masyrakat.

"Smoga kegiatan sepeti ini berlanjut dan setiap bulan diadakan kegiatan seperti ini," ucapnya.

Ia berpesan kepad ajajaran Basnaz Lotim. Banyak industri UKM yang perlu diperhatikan. Sebut saja sperti industi garam di Pijot, industri kerajinan di Loyok dan ada fasilitas pariwisata di Tete Batu.

"Semua industri yang ada ada di Lombok Timur itu harus diberikan fasilitas dari apa yang berhasil dikumpulkan oleh Basnaz karna mereka itu termasuk dalam kategori yang berhak menerimanya," tandasnya.

Bupati berharap kepada masyarakat penerima harus menggunakan apa yang diberikan oleh Basnaz seoptimal mungkin. Penggunaannya harus dalam upaya pengembangan usaha masing-masing. (cr-zaa) 


Posting Komentar

0 Komentar