Iklan

terkini

Jembatan Penghubung Jadi Kado Akhir Tahun Warga di Dua Gili

Jejak Lombok
Kamis, 23 Desember 2021, Kamis, Desember 23, 2021 WIB Last Updated 2021-12-23T01:33:18Z

 

Peresmian : Ny Nindya M Iqbal memotong vita peresmian jembatan penghubung dua gili di Lotim


Selong-- Cuaca di wilayah selatan Lombok Timur hari ini bersahabat. Kehangatan itu semakin terasa lantaran senyum sumringah warga di pesisir pantai tersebut.

Mereka tak ubahnya seperti orang baru saja keluar dari hotel prodeo yang tengah asik menghirup udara segar kembali.

Pasalnya tahun ini, warga setempat tak lagi merasakan kesulitan untuk beraktivitas seperti selama ini dirasakan. Lantaran di punghujung tahun ini warga setempat mendapatkan kado istimewa dari Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Timur,

Yakni berupa sebuah jembatan penghubung ke Gili Beleq dan Ree, Desa Paremas, Kecamatan Jerowaru, Lotim. Jembatan itu diketahui bernilai Rp 2,5 miliyar yang bersumber dari APBD Lombok Timur. Yang dikerjakan  mulai 10 Juni hingga 10 November 2021.

Peresmian jembatan ditandai penandatanganan prasasati oleh Kapolda dan Bupati. Pada kesempatan tersebut dilakukan pula penyerahan RLH secara simbolis oleh Bupati.

Kebahagian itu semakin terasa lantaran, Ketua Bhayangkari Ny Nindya M Iqbal yang menyerahkan bantuan buku pelajaran SD, SMP, Al-Quran, IQRA, buku bacaan, dan masker kepada kepala wilayah Gili Ree.

"Jembatan penghubung antara kedua gili itu guna menjawab kebutuhan masyarakat setempat, utamanya akses pendidikan bagi  anak-anak usia sekolah," ucap Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy, Rabu (21/12)

Bukan hanya untuk siswa sekolah saja, imbuhnya, melainkan juga seluruh lapisan masyarakat di dua tersebut. Bahkan keberadaan jembatan itu disebutnya disambut antusias oleh masyarakat setempat.

Orang nomor satu di Lotim ini menyampaikan, dengan adanya jembatan tersebut tak ada lagi anak-anak yang berenang atau menenteng sepatunya ke sekolah lantaran harus melintasi Selat.

Ia berharap jembatan tersebut dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama oleh masyarakat. Karena itu ia mengingatkan konstruksi jembatan hanya untuk pejalan kaki atau sepeda, bukan kendaraan bermotor.

“Mohon kiranya jangan dilewati kendaraan seperti sepeda motor atau roda empat. Cukuplah jembatan ini dilewati oleh manusia atau maksimal sepeda sehingga, manfaatnya dapat kita gunakan dalam jangka waktu yang cukup lama,” pintanya

Dalam kesempatan yang sama, dirinya juga meresmikan rehab rumah tidak layak huni (RTLH) menjadi rumah layak huni (RLH) di Gili Ree berjumlah 14 unit.

"Tahun 2022 mendatang direncanakan 30 unit RTLH  di Gili Beleq akan direhab," tandasnya

Sementara itu, Kapolda NTB IrjenPol Muhammad Iqbal, mengapresiasi terwujudnya jembatan penghubung dua gili serta dilakukannya rehabilitasi RTLH. Ia mengaku merasa bangga dan terhormat karena dilibatkan dalam kegiatan tersehut.

"Sya bangga dan merasa terhormat karena dilibatkan peresmian di penghujung masa pengabdian saya di NTB," ujarnya (kin)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jembatan Penghubung Jadi Kado Akhir Tahun Warga di Dua Gili

Terkini

Iklan