Jejak Terkini

Minimalisir Kekerasan Anak, Bupati Teken Kesepakatan dengan Rutgers

KERJASAMA: Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy menandatangani kesepakatan kerjasama dengan Rutgers Indonesia menekan kasus kekerasan terhadap anak.

SELONG
-- Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy menyambut baik kehadiran Ruang Temu Generasi Sehat (Rutgers) Indonesia di Lombok Timur melalui Program Power to Youth. 

Ia menyebut, program tersebut sebagai upaya mendorong perempuan di Lombok Timur terhindar dari kekerasan dan praktik-praktik berbahaya, baik bagi fisik maupun mental. 

Minimalisir Kekerasan Terhadap Anak, Bupati Tandatangani Kesepakatan Dengan Rutgers

SELONG -- Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy menyambut baik kehadiran Ruang Temu generasi Sehat (Rutgers) Indonesia di Lombok Timur melalui Program Power to Youth. 

Ia menyebut, program tersebut sebagai upaya mendorong perempuan di Lombok Timur terhindar dari kekerasan dan praktik-praktik berbahaya, baik bagi fisik maupun mental. 

Untuk mendukung program tersebut, Sukiman bahkan berkomitmen memberikan dana pendampingan bagi pengembangan program tersebut kedepan.

Hal itu disampaikan Bupati Sukiman pada penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemerintah Kabupaten Lombok Timur dengan Rutgers Indonesia dalam Implementasi Program Power to Youth, Rabu (29/9).

Pada kesempatan itu, Sukiman menyebut sejumlah angka kekerasan terjadi di Lotim, termasuk perkawinan anak usia dini. Hal itu menurutnya menjadi bagian dari kekerasan terhadap anak perempuan di Lombok Timur. 

Pada poin tersebut, ia berharap angka-angka yang tersedia merupakan angka riil. Sebab menurutnya kasus kekerasan memiliki banyak faktor yang kerap menyebabkan korban. Ironisnya sejumlah keluarga tidak melapor.

“Terlebih bila telah masuk ranah Rumah Tangga, Bisa jadi kasus yang ada di masyarakat jauh lebih banyak,” ungkapnya.

Bupati berharap program tersebut nantinya dapat diadopsi dan disebarluaskan ke desa lain di dua kecamatan yang menjadi fokus pada kurun waktu lima tahun.

“Bahkan  bila perlu nantinya menyebar ke seluruh desa di Lombok Timur,” tegasnya.  

Menurutnya, upaya ini mendukung percepatan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang menjadi salah satu fokus Pemkab Lotim.

Sebelumnya Country Head Rutgers Indonesia Amala Rahma menyampaikan bahwa program Power to Youth yang dilaksanakan akan membantu pencapaian target pemerintah. Pencapaian itu terkait dengan penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan anak. 

Ia optimis pencapaian Lombok Timur akan melebihi daerah lain yang sebelumnya telah didampingi pihaknya. Sebab Lombok Timur telah memiliki regulasi yang mendukung, sehingga pendampingan ini nantinya akan memperkuat upaya-upaya Pemda.

Program Power to You(th) akan dilaksanakan di dua desa di dua kecamatan yaitu Desa Jerowaru dan Paremas, Kecamatan Jerowaru serta Desa Menceh dan Greneng Timur, Kecamatan Sakra Timur. (hs)

Posting Komentar

0 Komentar