Iklan

terkini

Industrialisasi di NTB Harus Berdampak Nasional

Jejak Lombok
Sunday, May 2, 2021, Sunday, May 02, 2021 WIB Last Updated 2021-05-02T11:02:17Z

KUNJUNGAN: Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas RI, Suharso Monoarfa saat berkunjung ke STIPark Banyumulek.

MATARAM
-- Geliat industrialisasi di NTB mendapat acungan jempol dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas RI, Suharso Monoarfa. Geliat industrialisasi di NTB akan berpengaruh secara nasional jika kompetensinya dijaga dan dikembangkan. 

"Langkah NTB mengembangkan industri sangat tepat. Kalau berhasil merubah pasar lokal NTB maka tentu berdampak ekonomi secara nasional," ujar Monoarfa di STIPark Banyumulek, Minggu, (2/5). 

Dalam kunjungan di Science, Technology and Industry Park (STIPark) itu, Menteri Suharso, mendorong industri manufaktur untuk produksi motor listrik. Ia juga mengapresiasi industri pakan ternak yang menurutnya akan sangat membantu dalam mengendalikan harga komoditas daging dan menyejahterakan petani dan peternak. 

Suharso menjelaskan, Pemprov NTB perlu memikirkan regulasi insentif agar masyarakat mau membeli dan menggunakan sepeda listrik. Namun sebelumnya, industri manufaktur sepeda listrik perlu dibangun agar dapat diproduksi massal dan membuat harga terjangkau. 

Ia menyarankan pula agar komponen baterai dapat diproduksi sendiri oleh NTB. 

Saat mengunjungi pabrik pakan ternak di lokasi STIPark Banyumulek, Menteri Suharso menegaskan, industri seperti pakan membutuhkan langkah integratif. Secara umum, produksi pakan ternak yang melimpah akan membuat komponen komoditas seperti daging menjadi terjangkau. 

Dengan begitu, komoditas lokal akan terlindungi dari serbuan komoditas impor dan mencegah inflasi. 

Di hulu, pabrik pakan ternak telah mulai membantu petani, peternak maupun nelayan dalam komponen nilai tukar yang selama ini membuat mereka sulit bersaing dengan produk luar. 

"Kita berharap NTB bisa menjadi contoh bagaimana industri bisa memberi nilai tambah bagi masyarakat," ujar Suharso. 

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah mengatakan, STIPark Banyumulek memang diharapkan dapat menghasilkan industri permesinan. Industri ini nantinya membuat komoditas dan bahan baku diolah menjadi produk baru bernilai ekonomis tinggi. 

"Kita akan terus berupaya agar industrialisasi ini makin dikembangkan dalam banyak sektor. Sepeda listrik misalnya meski dibuat sebagai penanda alih teknologi di daerah, bisa saja diproduksi massal dan murah," jelasnya.

STIPark Banyumulek menargetkan sampai dengan 2023 akan tercipta 1000 purwarupa mesin industri. Dimana mesin ini siap dikembangkan untuk beragam sektor selain inkubasi bisnis dan penyiapan wirausaha baru. 

Gubernur Zul sendiri menegaskan secara nasional, industrialisasi di NTB ini adalah yang pertama. Bahkan Perda yang mengaturnya telah dibuat agar melindungi IKM berproduksi dan masyarakat dapat terus berinovasi menemukan mesin dan teknologi untuk industri NTB. (jl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Industrialisasi di NTB Harus Berdampak Nasional

Terkini

Iklan