Iklan

terkini

Ketersediaan Energi Dukung Pengembangan Investasi di NTB

Jejak Lombok
Sunday, May 2, 2021, Sunday, May 02, 2021 WIB Last Updated 2021-05-02T10:40:36Z

TINJAU: Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembanguan Nasional (Bappenas) RI, H. Suharso Monoarfa, meninjau base camp Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Sengkol, Lombok Tengah.

PRAYA
-- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembanguan Nasional (Bappenas) RI, H. Suharso Monoarfa, meninjau base camp Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Sengkol, Lombok Tengah. Ia mengunjungi PLTS itu bersama Gubernur NTB, H Zulkifliemansyah dan Kepala Bank Indonesia Mataram Heru Saptaji, Asisten II Bidang Prekonomian, H. Ridwansyah.

Dalam kunjungan singkat ke salah satu PLTS diantara 4 PLTS yang dibangun di Lombok itu, Suharso mendapatkan penjelasan singkat dari Senior Engineer PLTS Sengkol, Wildan.

Suharso mengungkapkan, dengan adanya ketersediaan energi (listrik) yang cukup, sudah dipastikan investasi di NTB dengan sendirinya akan akan berjalan dengan baik. Demikian juga program unggulan industrialisasi yang dicetuskan Gubernur NTB dengan sendirinya akan terbantu.

Dalam mendukung upaya transisi menuju energi bersih, besarnya potensi Indonesia dapat mengoptimalkan sumber Energi Bersih Terbarukan (EBT). Dengan potensi ini diharapkan akan memperlihatkan kelayakan komersial pembiayaan yang bersifat terbatas proyek energi terbarukan dan membantu Indonesia membuka pasar energi terbarukan bagi sektor swasta. 

“Selain itu juga bisa meningkatkan dukungan bagi infrastruktur energi yang berkualitas dan berkelanjutan. Perkembangan energi bersih semakin menjanjikan, terutama didominasi oleh Pembangkit Listrik Tenaga Surya,” katanya.

Ia mengakui, Indonesia memang perlu mempertimbangkan opsi-opsi pengembangan energi terbarukan yang berpotensi besar seperti PLTS, mulai dari skala besar hingga skala kecil. Indonesia sebagai negara kepulauan dengan kekayaan bahan bakar fosil tersebar di berbagai provinsi menjadi tantangan utama dalam mewujudkan transisi menuju energi bersih terbarukan. (jl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ketersediaan Energi Dukung Pengembangan Investasi di NTB

Terkini

Iklan