728x90

ad

Narmada Botanic Garden Jadi Lokasi Lomba Fotografi Smartphone

LOMBA: Sejumlah komunitas fotografi mengikuti Lomba Phonegrphy yang digelar Dinas Pariwisata Lombok Barat.

GERUNG
-- Upaya membangkitkan pariwisata di Lombok Barat tak ada hentinya kendati di tengah pandemi Corona. Salah satunya dengan mengadakan lomba fotografi menggunakan smartphone atau biasa disebut phonegraphy.

Lomba Phonegraphy ini mengangkat tema Harmoni Lombok Barat sudah berlangsung sejak awal Maret lalu. Puncaknya digelar di Narmada Botanic Garden, Sabtu (27/3) kemarin. 

Selain penyerahan hadiah lomba, puncak acara juga diramaikan dengan pameran foto oleh komunitas Lombok Phonegraphy.

Kegiatan yang semula akan digelar bersamaan dengan pembukaan event Harmoni Lombok Barat di Taman Narmada ini terpaksa dialihkan. Penyebabnya lantaran beberapa faktor non teknis. Namun, keadaan tersebut tidak mengurangi keseruan penutupan lomba.

Keseruan terlihat dari banyaknya peserta pameran. Suasana dan keindahan venue pameran di Narmada Botanic Garden menambah kesan tersendiri. Dalam pameran itu sedikitnya menampilkan 200 foto. 

Selain foto karya nominator lomba phonegraphy, pameran juga diisi oleh karya anggota komunitas Lombok Phonegraphy.

Untuk menambah keseruan, panitia kemudian menyelenggarakan sebuah tantangan foto model. Tantangan ini diikuti seluruh peserta pameran dan pengunjung Narmada Botanic Garden.

Panitia menyediakan hadiah tambah uang tunai Rp 500 ribu. Sontak para pengunjung menyambut atusias tantangan tersebut.

Dalam tantangan ini para peserta diberi waktu 10 menit untuk menghasilkan karya terbaiknya. Untuk mencegah terjadinya kerumunan, para peserta kemudian dibagi dalam tiga kelompok.

“Terima kasih pada teman-teman komunitas phonegraphy. Terus kreatif, terus berkarya, karena karya Anda sangat berpengaruh terhadap promosi dan pemasaran destinasi-destinasi dan kekayaan atraksi kita di Kabupaten Lombok Barat,” kata Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, Saepul Akhkam.

Ke depan lanjutnya, kegiatan semacam ini menjadi cara mengkreasikan dan menjadi kontribusi mewujudkan bagaimana kepariwisataan di masa-masa yang akan datang. 

Fotografi sendiri menjadi salah satu sarana promosi pariwisata daerah yang efektif sekaligus menjadi langkah menggali potensi daerah.

Rencananya, pihaknya juga  akan mendesain lomba fotografi dan film pendek. Film ini nantinya akan memparadekan, memfestivalkan dan melombakan karya-karya kreatif tentang keindahan destinasi dan atraksi budaya yang dimiliki oleh Lombok Barat.

“Kita ingin tunjukkan bahwa Lombok Barat indah, Lombok Barat penuh dengan kebaikan. Lombok Barat penuh dengan keindahan, dan Lombok Barat penuh dengan keramahan. Itu pesan yang ingin kita sampaikan kepada seluruh khalayak yang ada di dunia global yang tergambar melalui media sosial,” tegasnya.

Catatan lain, jelasnya, yaitu bagaimana menskenariokan semua kegiatan dengan melakukan pendekatan baru yakni dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Di tempat yang sama, Ketua Lombok Phonegraphy, Adi Teci sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ia berharap kolaborasi dan sinergi antara komunitas kreatif dan pemerintah daerah terus terjalin dengan baik.

“Alhamdulillah ini merupakan satu bukti bahwa Pemkab Lombok Barat khususnya Dinas Pariwisata Lombok Barat sudah mau melibatkan stakeholder yang ada bekerjasama membangun mengembangkan pariwisata yang ada. Kedepannya kami dari komunitas Lombok Phonegraphy siap selalu bersinergi dengan Dinas Pariwisata Lombok Barat untuk mengembangkan dan memperkenalkan pariwisata Lombok Barat,” kata pria yang juga dikenal sebagai aktivis lingkungan ini.

Kegiatan kemudian ditutup dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba. 

Juara I kategori destinasi wisata, Amirudin menyambut baik kegiatan semacam ini. Terlebih lagi selama ini porsi lomba foto menggunakan smartphone masih jarang diselenggarakan.

“Alhamdulillah saya bersyukur sekali dengan adanya lomba phonegraphy ini. Selama ini fotografi menggunakan HP untuk mengadakan lomba biasanya agak jarang," ucapnya.

Lewat ajang ini, ia dan rekan-rekannya merasa bersyukur karena kami tidak merasa sia-sia pergi ambil foto jauh-jauh. Dengan adanya lomba mereka bisa memperkenalkan destinasi-destinasi wisata di Lombok Barat yang bagus, dan cocok untuk keluarga dan lain sebagainya. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar