Iklan

terkini

Akhirnya Kolosal Tari Gandrung Divideokan di 13 Titik Destinasi

Jejak Lombok
Monday, March 29, 2021, Monday, March 29, 2021 WIB Last Updated 2021-03-29T04:25:10Z

KONSEP BARU: Parade kolosal Tari Gandrung tetap digelar dengan konsep baru dan dihadirkan hasilnya secara virtual.

GERUNG
-- Sedianya parade kolosal Tari Gandrung yang menjadi Festival Harmoni Lombok Barat 2021 di Taman Naramada dilaksanakan Sabtu (27/3), kemarin. Lantaran alasan teknis, kegiatan itu batal.

Seperti berita sebelumnya, parade kolosal itu bakal sejatinya menampilkan 63 penari Gandrung dan Gendang Beleq.

 yang sekiranya menampilkan 63 Penari Gandrung dan pemain Gendang Beleq.

Karena dibatalkan mendadak, Dinas Pariwisata Lombok Barat menggelar kegiatan wisata itu dengan format baru.

"Mohon maaf dengan sangat prihatin, pembukaan rangkaian event Harmoni Lombok Barat hari ini di Taman Narmada dengan terpaksa kami batalkan karena beberapa alasan non teknis," kata Saepul Akhkam, Kadispar Lombok Barat, Senin (29/3).

Sebelum ucapan permintaan maaf ini disampaikan, Sabtu (27/3), Dispar Lombok Barat lewat laman resmi Facebook sudah menyampaikan hal serupa. Alasannya sama, yakni persoalan teknis.


Akhkam menyampaikan, pembatalan pembukaan tersebut tidak membuat rangkaian kegiatan Harmoni Lombok Barat terhenti. Pihaknya telah menyiapkan format yang menyesuaikan adaptasi kebiasaan baru, agar kegiatan wisata itu dapat berjalan di masa pandemi Covid-19.

"Kita tetap akan menampilkan para seniman Tari Gandrung itu, akan tetapi dengan format yang berbeda. Yang semula secara kolosal, nantinya kita akan rekam untuk dibuatkan filmnya," paparnya.

Akhkam menyebut pementasan Tari Gandrung dan pemain Gendang Beleq tersebut akan berlangsung di 13 titik destinasi wisata. 13 titik destinasi itu tersebar di Kecamatan Narmada dan Kecamatan Lingsar.

Langkah ini dilakukan sebagai apresiasi terhadap para seniman Tari Gandrung dan Gendang Beleq yang tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Selain itu, adanya kegiatan Harmoni Lombok Barat tersebut merupakan salah satu cara pemerintah tetap menggerakkan aktivitas ekonomi dan kreativitas, serta mengenalkan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Lombok Barat.

"Sanggar-sanggar tari Gandrung tetap kita libatkan. Nantinya kita akan bagi 63 penari ini untuk tampil di 13 titik destinasi yang ada di Narmada dan Lingsar," ucapnya.

Para penari ini diberikan kesempatan untuk menari secara utuh. Selama proses itu berlangsung, mereka kemudian direkam dan disiarkan melalui salah satu stasiun televisi.

"Bagaimanapun juga di tengah sulitnya ekonomi akibat pandemi Covid-19, para seniman ini tetap harus kita beri apresiasi, kita beri wadah untuk tetap berkreasi," imbuh Akhkam.

Diketahui, Dispar Lombok Barat menyiapkan Festival Harmoni Lombok Barat 2021 di Taman Narmada yang juga dihajatkan sebagai rangkaian HUT ke-63 Kabupaten Lombok Barat pada 17 April mendatang. Karena masalah non teknis, pembukaan kegiatan wisata ini batal dilaksanakan. (jl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Akhirnya Kolosal Tari Gandrung Divideokan di 13 Titik Destinasi

Terkini

Iklan