Jejak Terkini

Giliran Taman Pura Lingsar Dibersihkan, Ahkam Bilang Begini

BERSIH-BERSIH: Jajaran Dinas Pariwisata Lombok Barat dan para relawan membersihkan Taman Pura Lingsar.

GERUNG
-- Kebersihan destinasi wisata menjadi magnet tersendiri membuat wisatawan nyaman. Lewat kebersihan yang terjaga, destinasi pariwisata diharap kian mampu menyedot pengunjung.

Lontaran itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, H Saiful Ahkam, Sabtu (13/3). Apa yang dilontarkan ini terkait komitmen dan aksi bersih-bersih kawasan wisata yang rutin setiap pekan dilaksanakan.

Untuk pekan ini, jajaran Dinas Pariwisata Lombok Barata melakukan aksi bersih-bersih di Taman Pura Lingsar. Destinasi yang satu ini biasanya dijadikan sebagai lokasi event budaya Perang Topat.

"Alam ini berkah bagi kita. Keindahan pariwisata Lombok Barat sudah terkenal keindahannya," ucapnya.

Namun demikian, kendati kondisi alam pariwisata daerah ini indah, disebutnya memiliki nilai lebih jika kebersihan tidak terjamin. Karena itu, tugas semua pihak memperhatikan kebersihan tersebut.

Tak hanya soal kebersihan, kreasi dan inovasi juga disebutnya sangat dibutuhkan. Rembug pikiran semua elemen masyarakat dalam memajukan pariwisata disebutnya sebagai dukungan nyata atas kerja-kerja pihaknya selalu pemangku kebijakan.

Ahlam lantas menunjuk bagaimana di Bali ada Desa Panglipuran. Di desa itu sebelumnya hanya sebuah desa adat yang dihuni penduduk setempat. 

Namun saat dikemas dengan mengedepankan kebersihan, kini bisa menjadi salah satu wisata andalan.

Kegiatan bersih-bersih tempat wisata ini, terang Akhkam, diharapkan mampu menjadi bentuk edukasi kepada masyarakat. Terlebih soal kebersihan merupakan amanat yang tertera dalam Sapta Pesona.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Lingsar, Sahyan, yang juga ikut turun dalam aksi bersih-bersih menyampaikan sambutan positif. Komitmen Disoar Lombok Barat dalam aksi bersih-bersih itu disebutnya harus dijempoli.

Selaku Pemerintah Desa Lingsar, ia berharap agar kegiatan semacam ini terus berlanjut. Ini pentinh untuk lebih meningkatkan kebersihan yang ada di objek wisata, khususnya yang ada di Desa Lingsar.

Sahyan pun mengungkapkan rasa syukurnya dengan kegiatan Dispar Lombok Barat ini. Karena kegiatan ini sebagai stimulus, pihaknya mengaku siap menyongsong kunjungan wisatawan dengan mwlakukan aksi serupa.

Sebenarnya pada aksi bersih-bersih Jum'at kemarin (12/3), sempat terkendala hujan. Namun kondisi itu tak menyurutkan para pihak untuk meneruskan kegiatan tersebut.

Nampak di lokasi sejumlah pejabat juga turun tangan. Perangkat desa dan Camat Lingsar juga berbaur dalam aksi bersih-bersih itu. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar