Jejak Terkini

Hari Peduli Sampah, 50 Desa Wisata Terlibat

GOTONG ROYONG: Ratusan warga terlibat dalam aksi gotong royong di Pantai Cemare memperingati Hari Bersih Nasional. 

GERUNG
-- Menyambut Hari Bersih Indonesia (Hari Peduli Sampah Nasional), ratusan warga mengikuti kegiatan bersih-bersih di lingkungan terdekatnya.

Pada kegiatan bersih ini, Pemprov NTB mengadakan program bersih-bersih di daerah wisata. Ada sekitar 50 desa wisata di NTB yang mengadakan kegiatan serupa.

Di Lombok Barat sendiri ada empat desa yang ikut program bersih sampah, Sabtu (21/2).

Kepala Bidang Pengembangan SDM dan Ekraf Pariwisata Dinas Pariwisata Lombok Barat, Erwin Rachman mengatakan, kegiatan ini salah satunya dilaksanakan si Pantai Cemare, Desa Lembar Selatan.

“Di Lombok Barat sendiri ada tiga lokasi yaitu di Desa Sekotong Selatan tepatnya di Dermaga Tawun, kemudian di Sekotong Tengah berlokasi di Mangrove Tanjung Batu, dan di Desa Lembar Selatan di wilayah Pantai Cemare, dan ada satu desa juga yang ikut serta yaitu Desa Gili Gede indah,” terang Erwin.

Kepala Desa Lembar Selatan H. Beny Basuki mengatakan, dalam beberapa bulan terakhir ini sampah yang ada di Pantai Cemare lebih banyak berasal dari sampah kiriman. Apalagi dengan intensitas curah hujan yang masih cukup tinggi saat ini mengakibatkan banjir di wilayah sekitar.

Akibatnya kawasan pantai cemare penuh dengan sampah-sampah kiriman. Sebut saja seperti kayu, dedaunan, dan sampah plastik. Padahal sampah yang dari pengunjung tempat itu tidak terlalu banyak.

Di kawasan Pantai Cemare sendiri ada ratusan warga ikut ambil bagian dalam kegiatan bersih-bersih kali ini. Mulai dari jajaran Dinas Pariwisata Lombok Barat, perangkat desa, lembaga desa serta yang lainnya.

Beny berharap agar para pengunjung menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempat. Terlebih wadah sudah disediakan disediakan oleh pengelola.

“Kalau bisa supaya kita juga bisa ikut dibantu dalam kegiatan bersih-bersih pantai demi kenyamanan kita semua. Kebetulan kita juga sudah mendapatkan bantuan berupa sarana dan prasarana kebersihan dari Dinas Pariwisata Lombok Barat dan itu sangat membantu kami  untuk menjaga kebersihan di kawasan ini,” ungkapnya. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar