Jejak Terkini

Air Bersih Wilayah Selatan Segera Dioptimalkan

RAKOR: Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Amy saat memimpin rapat koordinasi (rakor) di Tete Batu.

SELONG
--Membangun dan meningkatkan infrastruktur wilayah secara berimbang pada bidang transportasi, energi, perumahan, irigasi dan air bersih bakal terus digenjot. Khusus pelayanan air bersih bakal segera dioptimalkan di wilayah selatan Lombok Timur.

Lontaran itu disampaikan Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy dalam rapat koordinasi bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat, Selasa (29/12). Rakor ini berlangsung di Desa Tete Batu, Kecamatan Sikur.

"Pemerintah akan terus berupaya memaksimalkan fungsi air sehingga bisa mengalir sepanjang tahun, utamanya di wilayah selatan," ucapnya.

Pemerintah juga katanya, sudah membuka kembali aliran air dari kawasan Tete Batu. Dimana aliran air tersebut pada tahun 2011 sampai 2013 menjadi sumber air minum masyarakat wilayah selatan dan sempat ditutup. 

Saat ini, terangnya, air dengan debit sekitar 80-100 liter per detik tersebut berhasil dialirkan ke wilayah selatan. Dialirkannya  air itu untuk memenuhi kebutuhan air bersih di kawasan tersebut.

Akan tetapi guna menambah debit air ke selatan, pemerintah berencana mengalirkan pula air yang bersumber dari kawasan wisata Koptofa milik yayasan YATOFA. Dimana debit airnya lebih dari 60 liter per detik.

"Kita merencanakan air yang bersumber dari kawasan wisata Koptofa ini kita alirkan ke selatan guna menambah debit air di sana," katanya.

Bupati juga berharap agar sejumlah infrastruktur yang ada di sekitar kawasan Tete Batu dapat dioptimalkan untuk  pemenuhan kebutuhan air bersih, maupun irigasi. (zaa)

Posting Komentar

0 Komentar