Iklan

terkini

Jalan Ambles di Gerung Tunggu Kajian Tim PUPR

Jejak Lombok
Thursday, November 26, 2020, Thursday, November 26, 2020 WIB Last Updated 2020-11-26T06:47:57Z

RETAK: Kondisi jembatan di Lingkungan Montong Sari, Kelurahan Gerung Utara alami keretakan.

GERUNG
–Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) hingga kini masih menunggu kajian tim PUPR NTB terkait jalan ambles yang ada di Lingkungan Montong Sari, Kelurahan Gerung Utara.

“Kalau dari kita itu masuk dalam posisi kritis, artinya harus segera diperbaiki. Tetapi tetap kewenangan itu ada di provinsi,” kata Kepala Dinas PUPR Lobar Made Arthadana, kepada JEJAK LOMBOK, Kamis (26/11).

Saat ini pihaknya sedang menunggu hasil analisis mengenai kondisi jembatan yang mengakibatkan jalan tersebut ambles. Piihak Pemkab Lobar sudah koordinasi dengan provinsi, dimana sudah diturunkan tim juga dari provinsi mengecek kondisinya. Koordinasi ini terkait keputusan dan langkah-langkah kedepan yang akan diambil.

”Pemrov sedang mengupayakan langkah jangka pendek dan penanganan kedepannya,” terangnya.

Saat ini penanganan, masih terkendala persoalan anggaran. Kondisi jembatan mengalami penurunan yang menyebabkan keretakan. 

Jalan jembatan ini penghubung dari Masjid Baital Atiq menuju Kantor Bupati Lobar. Jembatan memiliki panjang 8,3 meter dan lebar 3,7 meter dengan tinggi jembatan dari permukaan sungai 4,5 meter. 

”Kami berharap anggaran penanganan permanen masuk dalam APBD Provinsi tahun 2021 mendatang,” terangnya. 

Menurut dia, jalan ambles disebabkan jembatan yang perlu diganti. Dikarenakan sudah tidak dapat diperbaiki akibat kerusakan pada bagian pondasi jembatan. 

”Kondisinya terjadi penurunan karena ada gerusan dari pondasi,” jelasnya. 

Dia menjelaskan, gerusan di pondasi mengakibatkan keretakan pada jembatan. Sekarang jembatan ini hanya bisa dilalui kendaraan roda dua, roda tiga, dan roda empat. 

”Kalaupun roda enam harus tanpa muatan,” imbuhnya.

Kendaraan bermuatan saat ini telah dilarang melintasi jembatan tersebut. Pihaknya pun akan segera memasang rambu atau plang pemberitahuan di depan kantor dinas perhubungan Lobar. 

Ini dimaksud untuk mengantisipasi apabila ada kendaraan bermuatan yang datang dari arah selatan. Sehingga kendaraan bisa belok kiri atau putar balik supaya tidak melalui jembatan tersebut.  

Sisi sebelah jembatan ambles telah dipasangi garis polisi, termasuk plang peringatan supaya pengendara bisa lebih berhati-hati. (and)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jalan Ambles di Gerung Tunggu Kajian Tim PUPR

Terkini

Iklan