Seven Summits, Konsep Wisata Petualangan Pertama di Indonesia

LEPAS: Gubernur NTB, H Zulkifliemansyah saat melepas peserta Sembalun Seven Summits.

SELONG
--Inovasi konsep wisata di Lombok terus bermunculan. Beragam konsep seperti eduwisata dan agrowisata menjadi salah satu diantaranya.

Namun kali ini muncul pula konsep wisata petualangan tang dikemas dalam Sevent Summits. Konsep wisata petualangan ini digagas para pemuda dan pelaku wisata di Sembalun, Lombok Timur.

Berbekal keindahan panorama alam berlatar gunung dan perbukitan, para pemuda ini menggagas konsep wisata petualangan. Hajatan konsep ini di masa depan diharap bisa membangkitkan perekonomian warga setempat.

Minggu (25/10), Gubernur NTB H Zulkifliemansyah meluncurkan konsep tersebut. 7 bukit obyek pendakian di Sembalun dinilai menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

"Momentum Sembalun Seven Summit ini erat kaitannya dengan pemuda. Sejarah peradaban manusia membuktikan bahwa, semua inisiasi pergerakan tidak akan bergerak jika tidak dilakukan oleh pemuda," ujarnya saat membuka kegiatan tersebut di Rest Area Sembalun.

Zulkifliemansyah berpesan agar gerakan ini juga dapat diikuti sepenuh hati. Dengan demikian, para peserta yang terlibat bisa menumbuhkan perasaan tentram di dalam diri mereka.

Bagi orang nomor satu di NTB ini, ada hal istimewa dari wisata petualangan pendakian ini. Di atas bukit, di ketinggian, wisatawan akan disajikan magis bulan, bintang serta matahari yang tidak diraskan dalam keadaan normal.

Magis yang dirasakan menyaksikan semua benda-benda-benda angkasa itu disebutnya akan membawa pengunjung menjelajahi jiwa dan perasaan sendiri. Perjalanan spritual semacam itu disebutnya sangat langka dirasakan kecuali oleh para pendaki itu sendiri.

Mengingat hajatan acara ini untuk membangkitkan perekonomian warga setempat, Zulkifliemansyah berharap kegiatan ini terus berkelanjutan. Dari acara ini pula diharapkan adanya imbal balik positif secara ekonomis bagi warga.

Sementara itu, Plt Kadispora NTB H Surya Bahari menjelaskan, para pemuda penggerak kegiatan ini harus tetap optimis. Lontaran ini diucapkan demi memotivasi para inisiator kegiatan lantaran hajatan dilaksanakan di masa pandemi virus Corona.

Bagi Surya, Sembalun Seven Summits mengusung konsep bernuansa wisata petualangan, pendakian gunung berupa tantangan menaklukkan 7 gunung di kawasan Sembalun Lombok Timur. Konsep ini disebutnya pertama di Indonesia.

Melalui peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober nanti, diharap kegiatan ini menjadi titik balik mengejar peran pemuda membangkitkan gairah dan semangat masyarakat kembali beraktivitas.

"NTB saat ini sangat membutuhkan karya-karya kreatif dan terbaik hasil olahan pikiran, rasa karsa pemuda-pemudanya. Hasil karya-karya asli putra putri kita dalam berwirausaha, inilah yang nantinya  akan memperkuat daya saing daerah kita di kancah nasional, maupun internasional," tuturnya. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar