Narmada Botanic Garden, Taman Bunga yang Hits di Lobar

INSTAGRAMABLE: Pemandangan taman bunga Botanic Garden Narmada sangat instagramable.

GERUNG
--Destinasi wisata di Lombok Barat tidak hanya terkenal dengan pantai dan gili-gili yang menawan dan eksotis. Namun ada satu lagi wisata yang patut dikunjungi hasil kreasi warga, yakni Naramada Botanic Garden.

Destinasi wisata yang satu ini menyajikan hamparan bunga matahari nan cantik. Taman ini sejak lama sudah hits dan menjadi sasaran perburuan para penggemar spot foto yang instagramable. 

Narmada Botanic Garden terletak di Dusun Muhajirin, Desa Narmada, Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat.

Untuk mencapai lokasi wisata, cukup menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari pusat Kota Mataram. Tidak perlu khawatir akan tersesat karena letaknya yang cukup strategis membuat Narmada Botanic Garden tidak sulit ditemukan. 

Sejak dibuka pada awal Maret 2020 lalu, pengunjung yang datang sudah tak terbilang banyaknya.

"Tingkat keramaian biasanya terjadi pada hari libur dan sore hari. Pengunjung yang datang dari hari pertama dibuka mencapai 150 orang, meski kebanyakan dari wisawatan lokal saja,' ungkap pemilik Narmada Botanic Garden, Condra Bayu, Minggu (25/10).

Khusus untuk hari Minggu, pihaknya menargetkan pengunjung yang lebih banyak. Target ini tentunya dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Kepada JEJAK LOMBOK, Bayu bercerita awal mula munculnya ide mengembangkan Narmada Botanic Garden menjadi tempat wisata. ini berangkat dari keprihatinan Bayu melihat banyak pemuda di desanya tidak memiliki pekerjaan. 

Atas dasar itulah, dirinya memiliki inisiatif menyulap kebun dengan luas 1 hektar miliknya menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain bisa menjadi spot wisata baru di Lombok Barat, tempat wisata tersebut juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar khususnya para pemuda di desanya.

"Saat ini pengelolanya mencapai 10 sampai 15 orang, dan semuanya dari unsur pemuda atau karang taruna di tempat ini," tutur Bayu.

Narmada Botanic Garden buka mulai pukul 08.00 Wita dengan cukup membayar tiket masuk seharga 5000 rupiah. Pengunjung sudah bisa menikmati semua fasilitas yang ada di Narmada Botanic Garden. Mulai dari kebun bunga matahari yang menjadi unggulan hingga yang lainnya.

Sebenarnya, bukan hanya bunga matahari saja yang menjadi andalan. Banyak pula jenis bunga yang lain ditanam di taman ini. Sebut saja seperti bunga lavender, kebun bunga mawar, kebun durian, manggis dan jeruk serta yang lainnya.

Selain keindahan bunga, taman wisata ini juga dikemas dengan menyediakan aneka sayur mayur. Sayur mayur itu bisa dibeli hanya seharga Rp 1 ribu dan sayurnya sudah bisa dibawa pulang

Yang menarik di lokasi ini adalah suguhan suasana yang nyaman. Kondisi ini tak ayal membuat para pengunjung betah berlama-lama.

Tidak hanya menyediakan berbagai spot selfi yang menarik. Di tempat ini juga dijadikan sebagai wahana edukasi bagi siswa sekolah. Para siswa akan diajarkan cara merawat tanaman mulai dari menanam hingga tanaman bisa tumbuh dengan baik dan sempurna. 

Untuk perawatan khusus bunga matahari mulai dari pembibitan hingga dewasa juga diajarkan. Untuk proses tersebut membutuhkan waktu  sekitar 3 bulan. Sementara untuk perawatannya hanya sebulan sekali. 

"Untuk pengadaan bibit kita kerjasama dengan berbagai stand bunga di Lombok dan biasanya menyiapkan sekitar 100 bibit perhari," kata Bayu.  

Salah satu pengunjung Lalu Yudha asal kota Mataram mengatakan, sangat bangga atas adanya kreativitas dari warga yang menginisiasikan terbentuknya tempat wisata ini.

"Ini sangat baik dan sangat kita dukung, semoga pemerintah juga memberikan dukungan sehingga tempat ini bisa berkembang lebih baik kedepannya," ujarnya. 

Narmada Botanic Garden berencana menambah fasilitas pendukung secara bertahap. Sebut saja seperti aula, musalla, dan memperbanyak koleksi tanaman bunga yang diharapkan bisa semakin menarik minat para pengunjung. 

Untuk promosi kepada masyarakat luas, Narmada Botanic Garden baru melakukan promosi hanya melalui media sosial dan follow Instagram @narmadabotanicgarden.

Bayu berharap kedepannya ada peran aktif pemerintah dalam mendorong perkembangan wisata di Lombok Barat khususnya wisata Narmada Botanic Garden. Harapan ini disampaikan karena hingga saat ini anggaran untuk perawatan dan pengembangan wisata tersebut menggunakan anggaran secara swadaya hasil penjualan tiket dari para pengunjung. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar