Jejak Terkini

Restorasi Sungai, Kodim dan Pemkab Lobar Gelar Penghijauan

TANAM: Dandim 1606/Lobar Kol Arm Gunawan bersama Kadis Pertanian Kobar, H Muhir Zokhri saat tanam pohon.

GERUNG--Upaya restorasi atau  mengembalikan  fungsi alami sungai menjadi perhatian para pemangku kepentingan di Lombok Barat.

Selasa (8/9), Pemkab Lombok Barat dan Kodim 1606/Lobar menggelar penghijauan dengan menanaman bibit buah. Penanaman dilaksanakan di sepanjang aliran sungai Dusun Kambeng, Desa sekotong  Timur Kecamatan  Lembar, Lombok Barat.

Dalam kegiatan penanaman yang dilaksanakan menjelang siang itu dilakukan Dandim 1606/Lobar Kol Arm Gunawan S Sos MT. Ada juga Kepala Dinas Pertanian Lombokm Barat H Muhur Zokhri dan Kapolres Lobar AKBP Bagus Satria Wibowo beserta Pasiter Kodim 1606/ Lobar Mayor Inf R. Sugondo, Kadis PU-TR  I Made Arthadana.

Pihak-pihak lainnya yakni, Kasat Pol PP Lombok Barat Baiq Yeni SA serta unsur dari Dinas Lingkungan Hidup, BPBD, BWS, Camat Lembar dan Kapolsek Lembar. Turut juga ikut melaksanakan kegiatan para Prajurit TNI, anggota polisi, BPBD, POL PP serta staf dari Dinas Lingkungan Hidup dan  PUTR.

Sebelum penanaman dilaksanakan, terlwbih dulu digelar kegiatan  upacara. Dalam amanatnya, Dandim 1606/Lobar Kol Arm Gunawan mengatakan, penghijauan program pembinaan lingkungan hidup Kodim 1606/ Lobar  tahun 2020 ini mengambil  tema “Bersama Lestarikan Bumi Indonesia Demi Masa depan Generasi Penerus Bangsa”. Program  ini dilaksanakan  guna mendukung program restorasi dimana tanggul-tanggul yang sudah dibuat memerlukan penguat.

Salah satau penguatnya adalah dengan menanam pohon  untuk mengikat panas supaya tidak gampang longsor.

“Dipilihnya bibit tanaman buah karena buahnya juga bisa dimanfaatkan dan kami berharap jika tanaman buah ini sudah besar agar jangan dipotong dan terus dipelihara,” harapnya.

Kepala Dinas Pertanian H. Muhur Zokhri juga mengungkapkan, banyak manfaat yang bisa diperoleh dari penanaman ini. Diantaranya  untuk pelestarian sumber daya alam lahan dan air.

Dengan dilaksanakannya penanaman pohon, bebernya, daur hidrologi siklus air akan menjadi sempurna. Dengan demikian, titik-titik air yang ada di udara akan terserap melalui daun, ranting, batang dan akan tersimpan di akar.

Dalam jangka  waktu menengah dan  jangka panjang nanti, ujarnya, air itu akan tersedia cukup di kawasan ini.

“Jumlah bibit tanaman pohon buah  yang ditanam ini berjumlah 500 bibit. 250 di tanam di tempat ini dan 250 bibit di tanam di wilayah Telaga Lebur Sekotong," sambungnya.

Beberapa jenis yang ditanam  adalah durian dan pohon buah yang lainnya. Pihaknya meminta warga setempat untuk memelihara tanaman tersebut agar bisa ditemui generasi berikutnya. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar