Mahasiswi Poltekpar Lombok Wakili Indonesia di Ajang Miss Univers Asia Tenggara

Baiq Relisya Gian Ningsih

PRAYA--Mahasiswi Politeknik Pariwisata Lombok, Baiq Relisya Gian Ningsih boleh berbangga setelah didapuk mewakili Indonesia di ajang model Miss Univers Asia Tenggara. Ia juga akan tampil di ajang Miss se-Asia International yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand, 2020 mendatang.

Mencuatnya kabar ini setelah gadis kelahiran Masbagik Lombok Timur, NTB ini ketika Direktur Poltekpar Lombok, Dr Hamsu Hanafi, mengalungkan selempang, usai upacara bendera perayaan HUT RI ke-75 tahun 2020. Pengalungan selempang dilaksanakan di halaman Poltekpar Lombok, Senin 17 Agustus 2020.

Kepada media, sapaan Baiq Elis ini menuturkan, Model Miss World Internasional ini sama seperti Putri Indonesia. Dimana, nantinya akan memperkenalkan pariwisata, budaya dan adat yang ada di Indonesia di hadapan juri di Thailand.

Dia menceritakan kenapa dirinya sampai bisa mewakili Indonesia di ajang internasional itu. Pada Maret lalu, ada lomba memperkenalkan pariwisata, adat dan budaya NTB digelar oleh Sanggar Seni Mahardika, berlangsung di Taman Budaya NTB.

Kebetulan saat itu, juri yang di undang yakni Mr Tourism Indonesia. Ketika itu juga, Mr Tourism Indonesia menyampaikan, akan membuka seleksi Miss World Asia pertama.

Mendengar informasi tersebut, dirinya ikut daftar seleksi secara daring, yang diberikan license (izin, red) ke Sanggar Seni Mahardika, dan langsung ikut mendaftar. Setelah proses seleksi, dipilih 10 besar untuk bertanding di tingkat Indonesia. Namun, yang membeli izin saat itu merupakan orang Singapura.

Karena merasa percaya diri dan meyakini akan mampu membawa nama Indonesia di ajang internasional, Baiq Elis mengikuti proses seleksi satu persatu. Di dalamnya ada wawancara soal budaya, kemudian bakat apa yang dimilikinya, dan akhirnya, terpilih.

"Prosesnya panjang, harus benar menampilkan bakat, kemudian mampu menjelaskan tentang pariwisata, budaya dan adat yang ada. Paling berat pertanyaan saat itu, apa yang bisa diberikan untuk Indonesia jika sudah di sana (Thailand)," tuturnya di Praya.

Baiq Elsi mengaku, saat ini, setiap Minggu terus berlatih public speaking, kemudian menari, dan menggali adat serta budaya, yang nantinya akan dipaparkan dihl hadapan juri.

"Saya merasa sangat bahagia, karena, ini sesuatu hal yang sangat luar biasa, bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia," kata dia.

Baiq Elis tetap optimis bisa memenangkan kompetisi Model Miss World Internasional itu. "Kalau tidak menang, setidaknya bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

Di satu sisi, Direktur Poltekpar Lombok, Dr Hamsu Hanafi menjelaskan, kemerdekaan sudah diraih. Dulu para pejuang dan pahlawan bangsa berjuang sampai titik darah penghabisan. Saat ini perjuangan tidak lagi dengan cara-cara berperang, tapi bagaimana meraih prestasi untuk mengharumkan bangsa. Baik prestasi bersifat lokal, nasional maupun international.

Prestasi yang diraih oleh mahasiswi Politeknik Pariwisata Lombok merupakan capaian yang luar biasa. Ini karena bisa mengungguli peserta sekian banyak dari Provinsi NTB bahkan Indonesia.

Dengan seleksi yang sangat ketat juga, selanjutnya bersaing di tingkat nasional dan bisa mengungguli semua provinsi lain. Dari itu, Baiq Elis ditunjuk mewakili Indonesia ikut ajang Miss Univers South East Asia.

Terhadap mahasiswi itu, Poltekpar Lombok akan memberikan beasiswa berprestasi tahun ini. Beasiswa tersebut sebagai motivasi memacu kepada yang bersangkutan, juga bagi mahasiswa- mahasiswi lainnya untuk berprestasi.

"Ini sangat membanggakan, harus didukung," ucapnya.

Hamsu minta doa dan suport masyarakat NTB dan Indonesia. Harapannyan, Baiq Relisya Gian Ningsih bisa mengharumkan Indonesia di kancah dunia. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar