Jejak Terkini

Alumni ITS Diajak Bantu Akselerasikan Program Pembangunan NTB

Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah
MATARAM--Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalilah mengajak para alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ikut mengakselerasikan program-program pembangunan di NTB.

"Banyak sekali program unggulan yang sedang kita perjuangkan. Maka sangat mungkin dilakukan oleh teman-teman alumni ITS untuk membantu kita," ajak Wagub, Jumat (17/7).

Lontaran itu disampaikan saat membuka Webinar dengan tema "Peluang dan Tantangan Investasi di NTB untuk alumni ITS Serta Mendukung Pembangunan Berkelanjutan". Webinar dilaksanakan di pendopo Wagub.

Alumni ITS yang berasal dari NTB sudah cukup banyak. Mereka memiliki keahlian sesuai dengan latar belakang pendidikan masing-masing.

Atas dasar itu dinilai sangat tepat untuk membantu pemerintah dalam mempercepat terwujudnya visi misi NTB Gemilang.

Wagub menjelaskan, salah satu program unggulan yang sedang diperkuat oleh pemerintah NTB yaitu program industrialisasi. Program ini telah terbukti mampu dilakukan oleh anak-anak NTB.
Hal itu dapat dilihat dari potensi mereka yang berhasil menciptakan berbagai bentuk produk-produk lokal. Seperti pembuatan motor listrik, sepeda listrik dan masih banyak lagi karya-karya hebat lainnya.

"Itulah mengapa kita sangat konsen serta optimis agar bagaimana proses nilai tambah dapat dilakukan oleh kita sendiri melalui program industrialisasi," jelas Umi Rohmi, sapaan akrab Wagub.

Wagub juga mengatakan bahwa produk pertanian, perikanan dan lain-lainnya semaksimal mungkin akan diolah terlebih dahulu di NTB sebelum diekspor ke daerah lain. Artinya bukan bahan baku atau barang mentah yang dibawa ke luar, tetapi sudah dalam bentuk kemasan yang sudah melewati proses olahan. Sehingga nilai tambah yang didapatkan memiliki dampak yang luar biasa bagi masyarakat itu sendiri.

Dengan begitu, kata Rohmi, peluang-peluang dari program pembangunan NTB begitu banyak yang dapat diekspos oleh alumni ITS untuk mensupport di semua lini pembangunan di NTB.

"Kami ingin menghargai hasil-hasil yang diberikan oleh anak-anak NTB. Karena potensi yang mereka miliki sangat luar biasa," pujinya.

Dengan begitu banyaknya program unggulan NTB saat ini, terangnya, tentu sangat membutuhkan bantuan dari semua stakeholder untuk mewujudkannya. Salah satunya adalah alumni ITS dengan bidang keilmuannya masing-masing.

"Peran Alumni ITS kami harapkan dalam pendampingan serta kerja sama dengan pemerintah Provinsi NTB untuk bisa mensukseskan program-program unggulan ini," katanya.

Turut hadir dalam kegiatan webinar tersebut diantaranya, Kepala DPMPTSP NTB, Ir. Muhammad Rum, MT, Kepala SDG ITS, Dr. Agnes Tuti, Msc serta puluhan alumni ITS NTB lainnya.(jl)

Posting Komentar

0 Komentar