Iklan

terkini

Hebat...!! Dinas Kesehatan Lombok Timur Dapat Penhargaan Terbaik dari Kemenkes RI

Jejak Lombok
Friday, September 8, 2023, Friday, September 08, 2023 WIB Last Updated 2023-10-10T23:04:42Z

 

Sekertars Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur meerima penghargaan 

Lombok Timur-- Kabupaten Lombok Timur (Lotim) meraih prestasi terbaik ketiga dalam perhitungan pembiayaan kesehatan atau disebut Distrik Health Account (DHA) di tingkat nasional.

 

Penghargaan ini diterima oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Timur melalui Dinas Kesehatan pada Agustus 2023 di Kantor Dirjen Tenaga Kesehatan Kemenkes RI.

 

Sekretaris  Dinas Kesehatan Lombok Timur, Lalu Bagus Wikrama, mengungkapkan, Kabupaten Lombok Timur berhasil meraih peringkat terbaik ketiga dari total 119 kabupaten/kota yang dinilai oleh Kemenkes RI.

 

Dia menjelaskan, DHA sendiri merupakan sistem untuk menggambarkan aliran dana dan belanja yang berkaitan dengan penyelenggaraan sistem pembiayaan kesehatan.

 

Melalui DHA, kata dia, semua transaksi dari sumber dana hingga penggunaannya di tingkat wilayah, kelompok penduduk, serta dimensi sosial ekonomi dan epidemiologi dapat dipantau dengan baik.

 

 “Semua dana pembiayaan tidak saja sektor keuangan pemerintah saja, tapi juga dari luar pemerintah. Hanya saja kekurangan kita belum memasukkan data dari unsur di luar pemerintah,” ucapnya.

 

Selanjutnya, Bagus Wikrama menjelaskan pentingnya DHA sebagai gambaran pembiayaan kesehatan secara menyeluruh.

 

Hal Ini, sambungnya sangat memungkinkan untuk menilai kualitas Standar Pelayanan Minimal (SPM) di bidang kesehatan.

 

Lombok Timur, terangnya meraih penghargaan tersebut lantaran berhasil mengarahkan kebijakan penggunaan anggaran kesehatan sesuai prioritas program-program kesehatan.

 

"Ini menunjukkan komitmen Lotim dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, terutama dengan dana yang lebih kecil," bebernya.

 

Secara nasional, sambungnya, pembiayaan kesehatan dibai pada angka 30 persen dari pemerintah dan 70 persen dari masyarakat.

 

Kabupaten Lombok Timur, menunjukkan bahwa pembiayaan kesehatan dari masyarakat sendiri lebih besar, mencapai 70 persen.

 

Karena itu, dimasa mendatang, Lotim berencana  memasukkan data dari pihak swasta dan masyarakat dalam DHA termasuk klinik, rumah sakit swasta, dan lembaga swadaya masyarakat.

"Ini akan meningkatkan pemahaman dan pengelolaan yang lebih baik dalam pembiayaan kesehatan di daerah,’’ Pungkasnya. **

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hebat...!! Dinas Kesehatan Lombok Timur Dapat Penhargaan Terbaik dari Kemenkes RI

Terkini

Iklan