Iklan

terkini

Desa Kumbang Kemmbali Terpilih Wakili Lotim Lomba Desa Tingkat Provinsi

Jejak Lombok
Tuesday, June 20, 2023, Tuesday, June 20, 2023 WIB Last Updated 2023-08-23T23:31:21Z



SELONG
- Penilaian lomba desa tingkat Provinsi kembali digelar.


Kali ini, Kabupaten Lombok Timur diwakili oleh Desa Kumbang, Kecamatan Masbagik.


Gelaran lomba desa tersebut berlangsung di Kantor Desa Kumbang pada Selasa, (20/06).


Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy yang didampingi Kepala Dinas PMD Kabupaten Lombok Timur beserta Kepala Desa Kumbang bersama jajaran menyambut hangat kedatangan tim penilai dari Provinsi.

Dalam sambutannya, Bupati Sukiman mengapresiasi sejumlah prestasi yang telah diraih oleh Desa Kumbang,  salah satunya sebagai desa terbaik ke-5 (lima) dalam ajang apresiasi dan implementasi keterbukaan informasi publik pada tahun 2021 silam.

Kala itu lomba tersebut diselenggarakan oleh Komisi Penyiaran Informasi (KPI) Pusat RI, dan terpilih sebagai desa terbaik ke-3 dalam lomba desa anti korupsi yang diselenggarakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI pada tahun 2022.


Disamping itu, Bupati juga mengingatkan pentingnya pemikiran dan ide segar untuk memaksimalkan potensi desa guna meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

"Kedepan diharapakan dengan dukungan masyarakat, tokoh masyarakat, dan tokoh agama setempat, PADes dapat mencapai minimal 20 persen dari alokasi dana desa," ungkapnya.


Tidak hanya Desa Kumbang saja, namun juga untuk desa desa lainnya.


Bupati juga berharap, Desa Kumbang dapat memenuhi persyaratan sebagai juara pada lomba desa kali ini.


Dia (Bupati-red), berpesan jika Desa Kumbang berhasil meraih juara, maka prestasi harus lebih ditingkatkan lagi.


Sementara itu, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DPMD Dukcapil) Provinsi NTB, Yus Haridian selaku ketua tim penilai mengakui adanya peningkatan tren nilai dari desa dalam lomba desa tahun ini.


Hal itu, terangnya, memacu masing-masing desa dalam menumbuhkan semangat berkompetisi untuk menunjukkan karya terbaik.


Dia menyebut, ada tiga indikator yang menjadi fokus penilain pada lomba desa kali ini, yaitu tata kelola pemerintahan dalam hal pelayanan publik, stunting serta kemiskinan ekstrim.

Dia menjelaskan, indikator pertama diyakini tim penilai sudah tidak perlu di ragukan lagi untuk Desa Kumbang karena keberhasilannya menjadi desa ke-3 terbaik dalam lomba desa anti korupsi.

Ia mengaku, Lombok Timur sebagai Kabupaten yang telah banyak menorehkan prestasi baik di tingkat Regional, Nasional bahkan Internasional.(jl)

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Desa Kumbang Kemmbali Terpilih Wakili Lotim Lomba Desa Tingkat Provinsi

Terkini

Iklan