Iklan

terkini

Dokter Spesialis di RSUD Soedjono Sabet Juara Tingakat Nasional

Jejak Lombok
Wednesday, November 30, 2022, Wednesday, November 30, 2022 WIB Last Updated 2022-12-01T04:17:10Z




Selong-- Direktur Utama RSUD dr. R Soedjono Selong, M Tantowi Jauhari baru saja mengabarkan, salah satu dokter spesialis RSUD Soedjono sabet juara tingkat nasional.


Namanya ialah dr. Resna Hermawati. Seorang dr. PNS di rumah sakit tersebut. dr. Resna dikabarkan sabet juara pada ajang lomba scientific paper Indonesia Mirah 2022 di Jakarta awal november lalu.


Tantowi menyebut, dr. Resna pada karya ilmiahnya mengangkat judul Nilai Diagnostik Panel Pemeriksaan Skrining Sederhana Talasemia pada Daerah dengan SDM terbatas di Lombok Timur.


Benar saja judul tersebut berhasil memboyong juara tingkat nasional.


Selanjutnya Tantowi menjelaskan, Talasemia merupakan penyakit gangguan darah yang diturunkan secara genetik kepada anak.


Selama ini, kata Tantowi, penderita penyakit Talasemia yang datang ke RSUD tergolong sudah parah dan sudah mengalami kompilasi.


Kondisi itu tentu membutuhkan penanganan lebih berat daripada penderita baru. Anak yang terkena penyakit jenis ini, terangnya ditandai dengan gejala lemas, mudah lemas, mengantuk hingga mengalami sesak nafas.


Atas dasar itu, dr. Resna Hermawati melakukan sebuah penelitian agar dapat mendeteksi lebih awal gejala penyakit tersebut.


Alhasil, penelitian tersebut rupanya tidak hanya menyabet juara tingkat nasional. Namun begitu, juga dapat diaplikasikan pada Puskesmas secara nasional.


Dia berharap, hasil penelitian tersebut dapat digunakan di Fasilitas Kesehatan sehingga gejala awal penyakit Talasemia dapat dideteksi dan dapat langsung di skrining dengan fasilitas terbatas.(jl)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dokter Spesialis di RSUD Soedjono Sabet Juara Tingakat Nasional

Terkini

Iklan