Iklan

terkini

Bimbingan Jurnalistik, Begini Pendapat Siswa SMAN 1 Gerung

Jejak Lombok
Minggu, 30 Oktober 2022, Minggu, Oktober 30, 2022 WIB Last Updated 2022-10-30T03:54:35Z

 

Beginilah suasana pelatihan jurnalistik yang diikuti oleh para siswa-siswi SMAN 1 Gerung Kabupaten Lombok Barat


GERUNG--Para siswa-siswi SMAN 1 Gerung menggelar bimbingan teknis jurnalistik, Jumat (28/10/2022) lalu. Kegiatan ini sebagai lanjutan dari pertemuan pada 2 minggu sebelumnya di lingkungan sekolah setempat.


Tidak seperti sebelumnya, kali ini kegiatan tersebut diadakan di Ruang Refereni Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Lombok Barat. Pesertanya adalah para siswa anggota ekstrakurikuler Literasi dan KIR (Karya Ilmiah Remaja) yang berasal kelas 10. 


Mirisnya bila ditotal hanya berjumlah 9 orang saja. Jumlah ini sangat sedikit bila dibandingkan dengan pertemuan pada 2 minggu yang lalu. Dimana jumlah pesertanya mencapai lebih dari 20 orang siswa-siswi yang berasal dari kelas 10 sampai 12. 


Kendati jumlah pesertanya lebih sedikit, kegiatan ini tetap dilanjutkan. Kegiatan dimulai dari jam 2 sore dan selesai dalam waktu kurang lebih dua jam.



Materi yang disampaikan adalah tentang transkripsi. Materi mengenai pengalihan tuturan dalam wawancara dan percakapan ke bentuk tulisan. 


Berbeda dengan sebelumnya, kegiatan bimbingan kali ini menggunakan alat proyektor. Perlengkapan ininzdo memudahkan para peserta untuk memahami materi, terutama melalui contoh-contoh yang diperlihatkan.


Saat ditanya apakah kegiatan tersebut mudah atau sulit, Arya salah seorang peserta menjawab, 


“Menurut saya lebih mudah, karena menggunakan proyektor",  katanya.


Meskipun berlangsung cukup lama dengan jumlah peserta yang lebih sedikit, para peserta tidak merasa bosan dan malah lebih fokus. Ini dikarenakan sejumlah peserta memang suka menulis dan berkeinginan untuk belajar cara menulis berita. 


Terlebih lagi cara mengajar dari pemateri yang dinilai seru dan tidak kaku. Selingan dengan candaan-candaan  berhasil mengundang tawa, ternyata juga ikut memberi andil yang besar membuat peserta betah belajar.


“Saya tidak merasa bosan karena pemateri tidak kaku saat menyampaikan materi-materinya,” ujar peserta yang lain.


Selain itu, karena kegiatan kali ini dilaksankan di kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Lombok Barat, para peserta mengaku lebih senang. Sebab peserta dapat membaca dan meminjam buku yang terletak di lantai satu gedung.


Mereka juga senang dengan sajian pisang goreng dan minuman yang  menemani di sela-sela kegiatan bintek serta perlakuan para staff di sana yang terbilang ramah.


”Berkunjung ke perpustakaan daerah tentunya sangat menyenangkan, apalagi dengan staf di sana ramah poll. Terus di sana juga dikasik makanan,” ungkap salah seorang peserta lainnya. (jl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bimbingan Jurnalistik, Begini Pendapat Siswa SMAN 1 Gerung

Terkini

Iklan