Iklan

terkini

4 Desa Wisata Lobar Raih Penghargaan ADWI

Jejak Lombok
Monday, January 10, 2022, Monday, January 10, 2022 WIB Last Updated 2022-01-10T08:26:42Z

TAMAN MANGROVE: Inilah salah satu destinasi wisata Taman Mangrove yang terletak di Sekotong.

GERUNG
-- Tercatat ada empat desa di Kabupaten Lombok Barat (Lobar) menerima penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Keempat desa tersebut adalah Desa Wisata Mekarsari, Desa Wisata Sekotong Tengah, Desa Wisata Senggigi, dan Desa Wisata Banyumulek. 

Penghargaan dari Kementerian Pariwisata diserahkan oleh Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi NTB, Ahlul Wakti di Kantor Dispar NTB, Senin (10/1).

"Kita berharap ini akan menjadi penyemangat buat teman-teman di desa wisata agar lebih kreatif, lebih inovatif dan bagaimana kita menyambut dan menyiapkan event Moto GP," ujarnya saat menyerahkan piagam penghargaan.

Penghargaan ini, kata Ahlul Wakti, menjadi bentuk apresiasi Kemenparekraf atas kreativitas desa wisata. Dimana mereka telah berpartisipasi dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021 beberapa waktu lalu. 

Penghargaan ini juga menjadikan desa-desa tersebut sebagai Desa Binaan Kemenparekraf RI.

Kepala Desa Senggigi, Mastur, usai kegiatan tidak lupa mengucapkan rasa syukurnya. Kedepan, pihaknya akan lebih memaksimalkam potensi yang ada untuk perkembangan desanya.

"Mudah-mudahan kedepannya kita bisa meningkatkan kinerja maupun atraksi-atraksi yang ada khususnya di Desa Senggigi. 

Tak lupa ia sampaikan terimakasih kepada Dinas Pariwisata yang dianggap selalu memberi bimbing untuk mengadakan semua kegiatan di Desa Senggigi.

Sementara itu, Kepala Bidang SDM Pariwisata Dispar Lobar, Erwin Rachman, mengaku bangga dengan capaian yang sudah ada. Meskipun belum maksimal, ia berkeyakinan dengan pendampingan yang terus dilakukan akan lebih memacu semangat desa untuk terus berkembang.

Terlebih lagi sebelumnya Menteri Sandiaga Uno telah berkunjung dan melihat langsung potensi wisata di Lombok Barat. Hal ini menambah keyakinan bahwa Lombok Barat sudah berada di jalur yang benar menuju daerah destinasi wisata nasional, bahkan internasional.

"Terimakasih kepada Kementerian Pariwisata RI atas pemberian penghargaan pendampingan kepada empat desa yang sudah mengikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021. Sekalipun belum mendapatkan juara di tahun ini, pendampingan ini harapannya juga bisa memacu semangat desa -desa yang lain, khususnya desa wisata yang ada di Kabupaten Lombok Barat," harapnya.

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 merupakan program terbaru Kemenparekraf RI yang ditujukan untuk memberikan penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan beragam kriteria yang telah ditentukan.

Ajang ini diikuti oleh 300 desa wisata. Untuk Lombok Barat sendiri, Desa Wisata Sesaot berhasil menjadi Juara 4 ADWI 2021 Kategori CHSE. (jl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 4 Desa Wisata Lobar Raih Penghargaan ADWI

Terkini

Iklan