Iklan

terkini

Sembalun KOM Sukses, Pesrta Uji Nyali Nikmati Keindahan Alam

Jejak Lombok
Monday, December 20, 2021, Monday, December 20, 2021 WIB Last Updated 2021-12-20T02:42:47Z
Sukses : Usai Sembalun KOM Peserta Uji Nyali Nikmati Keindahan Sembalun


SELONG-- Sembalun King Of Mountain (KOM), East road bike challenge 2021, sukses digelar. Setidaknya 100 peserta dari berbagai daerah di Indonesia, mengikuti kompetisi tersebut.

Diantaranya yakni pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Bali, Sumbawa, dan Lombok. Tak ketinggalan sejumlah atlit nasional maupun daerah tercatat mengikuti acara tersebut. Dan hendak bersaing memperebutkan gelar juara King dan Queen of Mountain.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Nusa Tenggara Barat, H Andy Hadianto, menerangkan peserta yang mengikuti kompetisi itu harus menyusuri jalan raya sejauh 24,7 kilometer, dengan gain elevasi 1.234 meter.

Dengan rute start di Pantai Seran Desa Obel-Obel, Kecamatan Sambalia dan berakhir di rest area Sembalun, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur.

"Peserta melakukan flying start dengan formasi peloton," kata pria yang karib disapa Andy ini, kepada awak media, minggu (19/12)

Dari mulai mengayuh sepeda peserta, imbuhnya, disuguhi keindahan laut, berbagai jenis pepohonan, serta hijaunya persawahan dengan total jarak, 8,4 kilometer.

Selain itu, tuturnya, segmentasi kegiatan itu ialah dimulai dari pertigaan jalan nasional Koko Putik, melewati perkebunan dikawasan Desa Bilok Petung, yang merupakan penghasil komuditas utama berupa kacang mente dan buah kelapa.

Selanjutnya, selanjutnya memasuki kawasan Desa Sajang. Di lokasi ini peserta disuguhi keindahan pedesaan dengan komuditas perkebunan berupa kakao, kopi, vanila dan buah lainnya, sejauh 15 kilometer.

Bagian akhir dari gelaran itu, bebernya, ialah memasuki Desa Sembalun dengan panorama gunung Rinjani yang menjulang mengelilingi wilayah tersebut. 

Setelah menusuri tanjakan, terangnya, peserta dapat melakukan cooling down, menyusur pelan seajuh 1,3 kilometer. 

"Memasuki areal lantai kaldera purba di rest area sembalun sekaligus menjadi finish," ujarnya

Dari kompetisi itu keluar sebagai king of mountain kategori overall putra, ialah podium satu diraih oleh, Hidayat Lukman Firdaus, waktu tempuh 54 menit 03 detik, podium dua ditempati oleh, Adhitia Alung Nugraha, dengan catatan jarak tempuh yang sama, dan ketiga ialah, Yan Bahtiar, waktu 54 menit dan 40 detik.

Kategori usia 14 sampai 19 tahun putra ditempati oleh, jauara, Shafwan Ghani Aslam, kedua, Muhammad Rayyan Fathullah, dan ketiga I Made Dafa Arya Nugraha.

Kelas putra usia 20-29 tahun, juara satu ditempati oleh Irwan Sanjaya, dua, Wisnu Hamdan, dan ketiga Agastia Feristiawan

Usia 30 sampai dengan 39 tahun, juara satu yakni Yohanes, dua, Muhamad Kadri,dan ketiga Sukriadi

Umur 40-49 tahun putra ditempati oleh pertama, I Made Karang, kedua, Dewa Made Astawa, serta yang ketiga, Ari Wahyudi.

Sedangkan usia 50 Tahun ke atas ditempati oleh Didiek Sabdoadi, A. A. KM. Punarbhawa A, dan terkahir, Heru Setiawan.

Queen of mountain kelas overall putri, podium satu ditempati oleh Qoriah Julilda Nur dengan waktu tempuh 1 jam 15 menit 55 detik, keuda, Catarina Budyono 1 jam 20 menit 49 detik, dan ketiga Mei Nie 1 jam 21 menit 07 detik. Sedangkan dalam ketegori usia, Kathleen Kimiko, Hilda Novianti, terakhir Vee Gusti.

"Setelah Sembalun KOM, triathlon kita coba bikin di Sembalun, kalau ada enam kan dua bulan sekali event ini Sembalun ramai," ujarnya

Dalam kesempatan yang sama dirinya mereview kegiatan yang diikutinya. Menurutnya, gelaran itu kren sebab masyarakat setempat ikut berpartisifasi mensukseskan gelaran itu.

Ada yang mengenakan pakian adat dan masing-masing membawa bendera merah putih. Hal itu disebutnya sangat luar biasa.

Ia mengaku terharu melihat warga setempat memberikan semangat kepada peserta, kendati event itu disebutnya baru pertama kali digelar.

Menurutnya, track di lokasi itu paling sadis. Dirinya membadingkan dengan Bromo, Jatim, namun di daerah itu disebutnya hanya 40 kilometer lantaran itu ia menyebut jalur itu agak landai.

Sedangkan track yang dilalui peserta Sembalun KOM, kata dia, jangan macam-macam. Sebab, 24 kilo dijalur itu serasa melalui 118 kilometer.

"Ini menantang apalagi hujan, kalau ada yang menantang dari ini di Indonesia saya ikutin," tandasnya (kin)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sembalun KOM Sukses, Pesrta Uji Nyali Nikmati Keindahan Alam

Terkini

Iklan