Iklan

terkini

Golden Melon Desa Kebon Ayu Legit dan Segar

Jejak Lombok
Friday, December 17, 2021, Friday, December 17, 2021 WIB Last Updated 2021-12-17T13:19:19Z

PENGUNJUNG: Salah seorang pengunjung ketika memetik lamgsung buah golden melon di Desa Kebon Ayu.

GERUNG
-- Golden mmelon hasil petani Desa kebon Ayu Kecamatan Gerung Lombok Barat terasa legit dan segar. Teksturnya cukup tebal dan berwarna kuning. 

Buah melon ini sangat beda dengan buah melon pada umumnya. Buah hasil petani Desa Kebon Ayu ini sangat direkomendasi untuk dikonsumsi setiap saat.

Hal ini dikatakan oleh Sarah, salah satu pengunjung yang sempat mencicipi legitnya golden melon tersebut. Sarah mengaku rasa dari buah ini cukup menarik, memiliki rasa yang manis dan nikmat.

Selain itu, golden melon ini memiliki  wangi yang harum dan kaya akan vitamin. Kandungan air pada golden melon juga  cukup banyak, sehingga bisa dikonsumsi sebagai pelepas dahaga.

“Rasanya legit dan segar, kita petik dari pohonnya langsung.  Saya sangat rekomondasi buah ini,” imbuh Sarah, Jum'at (17/12).

Jumarsa, Kepala Desa Kebon Ayu mengatakan penanaman  buah ini tidak sembarangan. Butuh perlakuan khusus agar rasa yang  dihasilkan manis dan berkualitas. 

Konsep penanaman menggunakan hidroponik greenhouse. Konsep ini salah satu kelebihanya adalah meminimalisir hama, sehingga penggunaan zat kimia tidak digunakan.

“Golen melon hidroponik ini dari segi rasanya lebih manis dan kualitas buahnya itu beda dari yg di tanam di sawah pada umumnya. Buah dari para petani kita ini bisa bertahan hingga satu setengah bulan di luar kulkas , karna golden melon hidroponik ini beda perawatannya,” seru Jumarsa.

Untuk bisa membawa pulang  buah melon ini, pengunjung cukup membayar 20 ribu per kilogram. Pengunjung bisa memilih dan memetik langsung dari pohonnya. Sensasi memetik sendiri menurut Jumarsa memiliki sensasi yang beda bagi para pengunjung.

Kedepannya,  kata Jumarsa, tidak hanya golden melon saja yang bisa didapatkan di Desa Kebon Ayu, tetapi ada jambu crystal, jeruk santang, buah kelengkeng  dan anggur ekspor yang sudah ditanam dan masih proses pengembangan.

“Jadi pengujung bisa memilih berbagai buah. Kita sangat-sangat siap menjadi desa agrowisata,” tegasnya. 

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat, H Saepul Akhkam sempat berkunjung dan merasakan sensasi memetik langsung buah melon ini. Ia mengatakan sangat mengapresiasi usaha yang  dilakukan Kepala Desa Kebon Ayu dan masyarakatnya.

Dengan kreativitas anak-anak muda, mereka mengintegrasikan pusat pertanian menjadi agrowisata. “Ini semakin memperkaya alasan agar desa ini terus dikunjungi,” imbuh Akhkam. 

Ia yakin ke depan, desa ini tidak hanya menjadi agrowisata, tapi juga menjadi ekosistem ekonomi kreatif yang juga mengedepankan aspek edukasi pertanian. (jl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Golden Melon Desa Kebon Ayu Legit dan Segar

Terkini

Iklan