Iklan

terkini

Seruni Mumbul Sabet Proklim Kategori Utama Tingkat Nasional

Jejak Lombok
Senin, 20 Desember 2021, Senin, Desember 20, 2021 WIB Last Updated 2021-12-20T09:53:35Z

PENGHARGAAN: Pemerintah Desa Seruni Mumbul raih juara program kampung iklim (proklim) dan mendapatkan penghargaan atas prestasi tersebut.

SELONG
-- Desa Seruni Mumbul, Kecamatan Pringgabaya membuat bangga Kabuoaten Lombok Timur. Pasalanya, desa ini meraih prestasi program kampung iklim (Proklim) tingkat nasional.

Desa itu tak hanya mengukir diri sebagai desa wisata. Namun juga menjadi contoh pengelolaan Program Kampung Iklim (Proklim).

"Proklim ini di bawah komando Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan," kata Kepala Wilayah Berang Tapen, Abdul Kadir Jaelani, kepada Jejak Lombok, Senin (20/12).

Program tersebut, kata dia, dalam rangka meningkatkan keterlibatan warga dan pemangku kepentingan meningkatkan ketahanan iklim untuk menurunkan emisi. 

Di lain sisi, program ini bertujuan memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan. Dengan begitu, dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Penghargaan itu didapatinya, setelah mampu menyikirkan tiga desa sebagai pesaingnya. Yakni Desa Sapit, Pringgabaya Utara, dan Sugian.

“Dusun Barantapen Asri adalah satu-satunya penerima penghargaan Proklim Kategori Utama dari empat peserta asal Kabupaten Lombok Timur,” ucapnya.

Menurutnya, penghargaan itu didapatinya berkat kerjasama warga di wilayah tersebut.

Tanpa dukungan masyarakat, utamanya Pemdes setempat DLHK NTB dan Lombok Timur serta LPSDM, hal itu disebutnya tak mungkin diraih.

"Untuk itu, kami mengaturkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami mensukseskan Proklim di kampung kami," ujarnya.

Susksesnya program itu disebutnya tak berdiri sendiri. Selain keterlibatan masyarakat secara swadaya, juga ada beberapa program lain sebagai pendukung. 

Dianataranya, mengembangkan program pengolahan sampah, penghijauan, UBSP, Kelompok Wanita Tani (KWT). Termasuk juga biopori, sumur resapan, biogas, tanggap bencana dan pariwisata.

Saat ini, program tersebut tak hanya terpusat di wilayah Dusun Berang Tapen desa setempat saja. Namun telah merata ke semua dusun. Bahkan, nantinya dirinya ingin mengembangkan hal tersebut ke desa-desa terdekat.

"Sekali lagi ini berkat kerjasama semua pihak, dan kita persembahkan untuk semua, khususnya bagi warga Desa Seruni Mumbul,"  pungkasnya. (kin)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Seruni Mumbul Sabet Proklim Kategori Utama Tingkat Nasional

Terkini

Iklan