Iklan

terkini

Kejar Target Vaksinasi, Lotim Butuh Peran Lintas Sektor

Jejak Lombok
Jumat, 24 Desember 2021, Jumat, Desember 24, 2021 WIB Last Updated 2021-12-24T10:27:38Z

 

Workshop: Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur, H Pathutrahman mengisi workshop peran lintas sektor dalam upaya mengejar target vaksinasi

Selong-- Pemerintah terus berupaya mengejar target vaksinasi. Pasalnya, dosis ke dua dan lansia dinilai belum sesuai dengan capaian yang diharapkan. 

Karena itu pemerintah berupaya mempercepat pencapaian tersebut, terlebih dengan tambahan target vaksinasi bagi anak usia 6-12 tahun yang akan segera dilakukan.

Kaitan dengan itu digelar Workshop Peran Lintas Sektor dalam Upaya Peningkatan Cakupan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Lombok Timur yang dihadiri Kepala Puskesmas, TNI-Polri, Tokoh Agama, dan Lembaga Swadaya Masyarakat. Workshop berlangsung, Rabu kemarin (22/12).

Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur, H Pathurahman menjelaskan, workshop ini diharapkan menghasilkan solusi berbagai persoalan tersebut dengan hadirnya seluruh pihak yang terlibat.

Dalam kesempatan itu dirinya mengungkap berbagai kendala pencapaian di lapangan, seperti kurangnya keterlibatan kepala wilayah di desa, data sasaran, serta ketersediaan vaksin. 

"Selisih datamanual dan p-care juga masih menjadi persoalan, terkait nomer induk kependudukan (NIK)," ujarnya

Peran lintas sektor, tegasnya, sangat dibutuhkan. Mengingat vaksinasi merupakan salah satu cara mengantisipasi penyebaran covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini. Terlebih dengan adanya varian baru, omicron, yang penularannya relatif lebih cepat dibanding varian lainnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur, capaian vaksinasi dosis pertama 77,84 persen, dosis ke dua masih di angka 55,75 persen. 

Sementara itu vaksinasi lansia dosis pertama baru mencapai 56,06 persen, dosis ke dua berada di bawah 40 persen.

Dibutuhkan minimal 70 persen masyarakat sudah divaksin untuk terbentuknya kekebalan kelompok. Dengan capaian tersebut dalam sebulan terakhir sudah tidak ada kasus aktif covid19 di Lombok Timur. 

"Namun demikian hal itu belum menjamin bebas dari covid-19, sebelum seluruh masyarakat dipastikan aman melalui vaksinasi," tandasnya (kin)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kejar Target Vaksinasi, Lotim Butuh Peran Lintas Sektor

Terkini

Iklan