Jejak Terkini

Coffee Talk, Dislar Lobar Datangkan Pakar Kopi Nasional

BINCANG KOPI: Para peserta coffee talk (bincang kopi) antusias mengikuti materi yang dibawakan para pakar kopi nasional.

GERUNG
-- Jelang penetapan H-1 babak besar Lombok Brewers Cup (LBC) 2021, para barista peserta mengikuti sesi coffee talk. Kegiatan ini digelar di Vilasa Room, Svarga Resort Lombok, Sabtu (6/11).

Sesi Coffee Talk merupakan rangkaian kegiatan dari LBC 2021 menghadirkan sejumlah pakar kopi nasional. Sebut saja seperti Andika Adjie dari Q Arabica/Robusta Grader ICE Sensory Judges, Grabielle KF, Professional Barista hingga Champion IBC tahun 2011 dan 2013 Doddy Samsura.

Pada sesi ini, para barista yang hadir bisa mendapatkan informasi tentang sejarah kopi. Termasuk pengolahan kopi dari penanaman, panen, pasca panen, penyimpanan.

Begitu juga dengan roast, hingga ke tips brewing untuk mengangkat secara maksimal taste kopi dari para profesional.

"Barista adalah ujung tombak sebelum kopi sampai ke penikmat, jadi perannya sangat penting untuk memeperkenalkan kopi lokal," ujar Andika Adjie, yang juga merupakan salah satu juri di babak besar besok.

Menurutnya, barista lah yang seharusnya punya kemampuan mempresentasikan ciri khas dan mengangkat potensi dari kopi suatu daerah.

"Saya tadi coba langsung robusta di sini, di luar perkiraan saya, yang awalnya saya pikir paling rasanya biasa ja, malah ternyata enak. Ada cirinnya, ada rasa pahit tebal seperti cokelat gitu," cetus Adjie.

Baginya, itu adalah modal besar bagi Kopi Lombok, atau NTB untuk bisa naik level dan bisa bersaing dengan kopi dari daerah lain.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Lobar Saepul Akhkam menyebut komunitas kopi yang ada di Lobar maupun NTB adalah salah satu komponen penting dalam pentahelix kepariwisataan sekarang ini. 

"Peran mereka penting karena mampu menghadirkan sesuatu yang berbeda untuk kontes atraksi kepariwisataan, disamping ada pelengkap event-event yang lain," ucap Akhkam.

Ia juga mengatakan jika kegiatan LBC 2021 bisa sebagai ajang berbagi gagasan membangun visi yang sama untuk kepariwisataan di Lobar.

Terakhir, dia mengucapkan selamat kepada 36 peserta yang berhasil melalui babak kualifikasi dan berhak bertanding di babak besar yang akan dilaksanakan besok (7/11) di tempat yang sama.

Babak 36 besar LBC 2021 sendiri akan dilaksanakan sengan sistem compulsory dan akan mengambil 10 barista dengan skoring terbaik untuk bertanding di babak final dengan sistem open service di hari yang sama. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar