Jejak Terkini

Ratusan Penonton Dimanjakan Pentas Seni Budaya di Aruna Hotel

MEMUKAU: Aksi pementasan tari yang dibawakan sejumlah peserta Festival Pesona Senggigi sanggup memukau ratusan penonton yang hadir.

GERUNG
-- Ratusan penonton dibuat berdecak kagum terpukau menyaksikan sajian seni dan budaya di Aruna Hotel Senggigi.

Sajian seni dan budaya tersebut berupa tari kreasi dan lagu daerah di NTB. Sajian seni dan budaya ini terbungkus dalam Event Festival Pesona Senggigi 2021 bertajuk Art Reborn.

Beberapa sajian seni yang ditampilkan kental dengan nuansa budaya daerah NTB. Diantaranya seperti lagu-lagu daerah seperti Inaq Tegining Amaq Teganang, Ate Bekangan, hingga eloknya Tari Kembang Sembah dan Tari Nguri.

Selain itu, sejumlah tari kreasi daerah NTB mampu menyita perhatian ratusan penonton yang hadir di grand ball room hotel bintang empat tersebut.

Event ini terselenggara atas kolaborasi Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Barat dan Aruna Senggigi. 

Kegiatan ini tidak hanya memberikan wadah kreasi bagi para pelaku seni tari dan seni menyanyi yang ada di NTB. Lebih dari itu, event ini menjadi sajian atraksi berbeda bagi kepariwisataan di kawasan Senggigi.

"Kegiatan ini juga memberikan dampak positif bagi peningkatan okupansi hotel," kata Kepala Bidang Pemasaran Dispar Lombok Barat Lalu Rifhandani, Sabtu (23/10).

Informasi yang diserap dari pihak Aruna sejak rapat teknis Jum'at (22/10), kamar sudah full booked. Itu termasuk dari para peserta festival beserta keluarga hingga guru-guru mereka.

Kondisi itu menurutnya patut disyukuri. Ini karena peningkatkan okupansi hotel salah satu tujuan utama dari Event Festival Pesona Senggigi 2021.

Selain itu, event ini juga menurutnya menjadi salah satu contoh kongkrit keterlibatan berbagai pihak dalam rangka memulihkan kepariwisataan di Lombok Barat.

"Inilah salah satu bentuk kolaborasi pentahelix kepariwisataan, melibatkan para pelaku seni, menghidupkan industri dan ujungnya memulihkan kepariwisataan kita di Lombok Barat, di Senggigi khususnya," lanjutnya.

Sementara itu, General Manager Aruna Senggigi Resort & Convention, Weni Kristanti menyebutkan jika event ini memberikan panggung bagi para seniman di NTB yang saat ini masih sangat jarang.

"Dengan adanya Art Reborn ini, bisa memberikan seniman-seniman yang ada di Nusa Tenggara Barat bisa maju untuk berkreasi di tengah keterbatasan akibat pembatasan kegiatan saat masa pandemi," ucapnya.

Mengingat NTB adalah kawasan wisata, imbuhnya, pagelaran seni seperti ini menjadi erat kaitannya dengan para pelaku wisata.

“Semoga acara ini menjadi ajang untuk menemukan bakat-bakat baru sehingga bisa terus berkontribusi bagi perkembangan seni di NTB,” lanjutnya.

Tak lupa ia pun mengucapkan terimakasih kepada Dispar Lombok Barat atas dipercayakannya Aruna Senggigi sebagai salah satu venue rangkaian kegiatan Festival Pesona Senggigi.

Ia kemudian berharap kolaborasi antara pelaku seni dan industri pariwisata bisa tetap saling mendukung dan berjalan beriringan.  Tak lupa ia berharap event ini bisa terus diselenggarakan secara reguler.

Dengan begitu, bisa terus memberikan wadah bagi para seniman dalam menunjukkan bakat dan kreativitas mereka.

Dari total 14 grup tari, 17 penyanyi dewasa dan 14 penyanyi anak-anak, masing-masing juara dari kategori tersebut akan tampil pada acara puncak bersamaan dengan acara Gala Dinner tanggal 24 Oktober besok. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar