Jejak Terkini

Pesona Kecantikan Perempuam Sasak Benar-benar Memukau

CANTIK; Kecantikan para peserta lomba rias pengantin Sasak benar sanggup memukau kawasan wisata Senggigi.

GERUNG
-- Pesona kecantikan perempuan Sasak dalam ajang 'The Beautiful Bride of Sasak Lombok' benar-benar memukau. Ajang ini menjadi gelaran penutup event Festival Pesona Senggigi 2021.

Gelaran pamungkas hasil kerjasama Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Barat (Lobar) dengan The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa ini digelar di poolside hotel The Jayakarta Lombok, Sabtu (30/10).

Festival yang dihajatkan untuk meningkatkan staycation di kawasan Senggigi benar-benar menyedot perhatian. Ajang ini sekaligus sebagai ucapan selamat datang bagi gelaran World Superbike.

The Beautiful Bride of Sasak Lombok sendiri ditujukan untuk membangkitkan rasa rindu tradisi budaya Sasak Lombok. Mengingat selama masa pandemi tidak bisa dilaksanakan.

“Mungkin sudah dua tahun ini kita tidak nyongkolan, kita tidak pernah liat pengantin yang parade nyongkolan. Nah sekarang dibangkitkan kerinduan kita untuk itu,” ucap Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, Saepul Akhkam.

Pemilihan tema ‘The Beautiful Bride of Sasak Lombok’ dirasakan sangat tepat. Ini karena banyaknya tradisi-tradisi adat Sasak khusunya yang bersifat keramaian tidak bisa dilakukan oleh masyarakat.

General Manager The Jayakarta Hotel Cherryl Abdul Hakim mengatakan, tema The Beautiful Bride of Sasak Lombok yang diambil untuk memperkenalkan lebih luas lagi budaya Sasak. Budaya ini khususnya mengenai tata rias pengantin Sasak.

“Pada event kali ini, kita adakan lomba Make up Artist (MUA) pengantin Sasak. Mungkin ini adalah kompetisi MUA pertama yang memakai tema pengantin Sasak,” ucapnya.

Yang luar biasa dari ajang ini yaitu pesertanya datang dari seluruh daerah di NTB. Pihak panitia bahkan menolak beberapa pendaftar karena kelebihan peserta.

Selain lomba MUA pengantin Sasak, dalam gelaran event ini juga menampilkan prosesi nyongkolan lengkap dengan musik gamelan sebagai pengiring. Ada juga penampilan tari-tari tradisional Lombok seperti tari Kembang Sembah, Tari Rudat hingga Presean, ada juga fashion show pengantin Sasak.

Gelaran kemudian mendapat sambutan positif dari Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid yang datang langsung menyaksikan event ini bersama Dandim 1606.

“Saya menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat dalam event Festival Pesona Senggigi, dan ini untuk ke sekian kalinya,” ujar Bupati Fauzan.

Bersama Bupati dan Dandim, hadir juga Wakil Gubernur Provinsi Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen.

Yasin bahkan sempat memberikan selamat atas kebangkitan pariwisata di Lombok Barat. “Atas nama pemerintah Provinsi Jawa tengah, saya mengucapkan selamat atas menggeliatnya kembali pariwisata di daerah Lombok Barat,” ucapnya.

Dengan atraksi-atraksi yang ditawarkan dan dengan penerapan protokol kesehatan, ia yakin tidak lama lagi kepariwisataan di Lobar bisa kembali normal. Kondisi ini diyakini memberikan dampak yang baik bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar