Iklan

terkini

Kuliner Hingga Presean Siap Sambut Wisatawan di Desa Kebon Ayu

Jejak Lombok
Sunday, August 15, 2021, Sunday, August 15, 2021 WIB Last Updated 2021-08-15T10:43:07Z

PRESEAN: Para pemuda Desa Kebon Ayu adu tangkas dalam atraksi budaya Presean.

GERUNG
-- Desa Kebon Ayu merupakan salah satu desa wisata yang berada di Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, NTB. Desa ini dianugerahi potensi alam indah serta beragam kesenian budaya yang terjaga dan dilestarikan secara turun temurun oleh masyarakatnya.

Hamparan persawahan hijau, pemandangan perbukitan, dilengkapi dengan atraksi seni budaya hingga situs bersejarah berumur ratusan tahun bisa dinikmati di desa ini. 

Dengan kekayaan potensi yang dimiliki, belakangan ini Desa Kebon Ayu sedang berusaha membangun brand kepariwisataan baru. Brand tersebut dikemas menarik dan sangat layak dikunjungi oleh wisatawan.

Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan menggelar pentas seni budaya di pinggir jalan desa. Penampilan dari para seniman lokal Desa Kebon Ayu ini dapat dinikmati langsung oleh para pesepeda dan pelintas jalan lainnya.

“Mulai hari ini, tiap Minggu pagi kita bisa menikmati hidangan jajan serabi, urap dan lontong dengan view persawahan. Harganya juga sangat murah. Pedagangnya dari masyarakat kita sediri," ucap Ketua Pokdarwis Desa Kebon Ayu, Mustafa, Minggu (15/8).

Bukan itu saja, pengunjung juga bisa menyaksikan atraksi peresean. Atraksi ini dimainkan oleh pemuda setwmpat.

Mustafa juga mengatakan jika saat ini Pokdarwis dan pemerintah desa sedang bekerjasama dengan para agen travel. Kerjasama ini untuk menggarap suatu paket wisata menarik yang layak dijual kepada wisatawan.

“Kita sedang melengkapi akses pendukungnya. Misalkan di Jembatan Gantung akan disiapsiagakan cikar (transportasi tradisional, red) untuk membawa tamu melihat spot-spot wisata dan para penenun di kampung kami," lanjutnya.

Jembatan Gantung Kebon Ayu

Selain itu, pihaknya juga bakal menyediakan sepeda untuk masuk ke area agrowisata berupa buah melon. Pihaknya juga bakal memberikan cinderamata kepada setiap pengunjung topi khas Kebon Ayu yang terbuat dari bambu.

Desa Kebon Ayu sendiri menjadi salah satu desa peserta event Pesona Lombok Barat yang akan digelar Dinas Pariwisata Lombok Barat pertengahan Agustus ini. Event bertajuk 'Gelaran Seni Budaya Desa Wisata 2021" ini menjadi salah satu upaya memperkenalkan desa-desa wisata yang ada di Lombok Barat kepada para pelaku pariwisata. 

Dalam event ini nantinya akan mengundang beberapa agen travel dimana agen travel itulah yang akan datang ke desa-desa, salah satunya adalah Desa Kebon Ayu. 

Sementara itu, Sopian salah seorang pengunjung yang didapati sedang bersantai menikmati jajanan tradisional serabi di pinggir jalan sempat menyampaikan rasa gembiranya. Ia mengakui perkembangan dan inovasi yang sedang diupayakan Desa Kebon Ayu sangat bagus.

“Saya sering melintas di sini, saya sangat senang karena jalur yang saya lewati ini sekarang ada penjual jajan tradisional dan anak saya suka makan itu,” kata Sopian. (jl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kuliner Hingga Presean Siap Sambut Wisatawan di Desa Kebon Ayu

Terkini

Iklan