Jejak Terkini

Desa Kumbang Masuk 10 Besar Tingkat Nasional, Dalam Bidang Apa?

HM Juaini Taofik

SELONG
-- Setelah Desa Tete Batu, Kembang Kuning dan Seruni Mumbul yang mewakili Lombok Timur berkontestasi di bidang pariwisata, kini giliran Desa Kumbang, Kecamatan Masbagik Lombok Timur yang mengikuti jejak ketiga desa tersebut. 

Jika ketiga desa sebelumnya mengikuti kontestasi di bidang kepariwisataan, lain halnya dengan Desa Kumbang. Desa tersebut termasuk dalam jajaran desa yang menerapkan keterbukaan informasi publik.

Desa Kumbang masuk dalam 10 besar desa terbaik nasional untuk keterbukaan Informasi. Karena itu, pada Jumat (27/8) dilakukan Penilaian Apresiasi Keterbukaan Informasi Desa Tingkat Nasional Tahun 2021.

Sekda Lombok Timur H Muhammad Juaini Taofik dalam sambutannya menerangkan, desa yang memiliki Sistem Informasi Desa (SID) relatif lebih tangguh, utamanya pada masa pandemi ini. Terlebih mengingatkan perubahan informasi khususnya yang berkaitan dengan pandemi terus berkembang dan membutuhkan perhatian masyarakat.

"Masyarakat di desa yang memiliki SID memiliki kemudahan untuk mengakses informasi tersebut yang berdampak terhadap berbagai aspek, termasuk ekonomi dan kesehatan mental warganya," ucapnya, Jum'at (27/8).

Dirinya mengakui pentingnya dalam hal pengelolaan desa, keterbukaan dan akuntabilitas desa disebutnya dapat terwujud melalui sistem itu. 

Lantaran itu, imbuhnya, penerapan serupa tengah diupayakan di tingkat kabupaten, melalui penerapan kota pintar (smart city).

Kendati demikian, ia mengakui penerapan di tingkat kabupaten membutuhkan upaya lebih optimal. Oleh sebab itu dirinya mengapresiasi langkah desa tersebut yang telah menerapkan sistem itu beserta capaiannya. 

"Saya berharap saran dan masukan tim penilai untuk perbaikan peningkatan keterbukaan informasi di Desa Kumbang dan berharap desa ini dapat meraih hasil terbaik," harapnya

Harapan sama disampaikan Komisioner Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi Komisi Informasi (ASE KI) Pusat, Wafa Patria Umma agar desa tersebut dapat menjadi yang terbaik. Meskipun tentunya daerah lain yang juga mengikuti kegiatan ini memiliki harapan serupa. 

"Namun begitu saya mengingatkan bahwa Desa Kumbang sudah dapat dijadikan model bagi pengembangan Desa Keterbukaan Informasi, baik di NTB maupun di Lombok Timur," ujarnya. (kin)

Posting Komentar

0 Komentar