Jejak Terkini

Setelah Siswa, Kini Giliran Perpustakaan MAN 1 Lotim Boyong Juara

PRESTASI: Jajaran MAN 1 Selong meraih juara lomba perpustakaan tingkat provinsi.

SELONG
-- Sederet prestasi terus-menerus diraih Madrasan Aliah Negri (MAN) 1 Selong. Setelah siswanya memboyong prestasi, kini giliran perpustakaan madrasah ini raih juara 3 lomba perpustakaan tingkat provinsi. 

Lomba tersebut diadakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan provinsi NTB. Gelaran itu dilaksanakan sejak Februari sampai dengan Mei 2021 yang selanjutnya diumumkan pemenangnya pada tanggal 7 Juni. 

Pengumuman tersebut selanjutnya diedarkan melalui surat keputusan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan nomor: 87/DEKON/DPKP/NTB/2021.

"Alhamdulillah perpustakaan MAN 1 Lotim sukses meraih juara 3 tingkat provinsi," ungkap Kepala MAN 1 Lotim, Nurul Wathani, Selasa (6/7).

Dia menjelaskan, maksud diadakannya lomba perpustakaan tersebut untuk meningkatkan layanan, mutu dan kapasitas perpustakaan Provinsi NTB. Karena itu, tak ingin ketinggalan MAN 1 Lotim mengikuti ajang lomba tersebut. 

Selanjutnya, Nurul Wathani menyebut juara tiga provinsi diboyong dengan angka penilaian 822 poin. Poin tersebut diraih dari 6 katagori penilaian yaitu organisasi perpustakaan,  gedung perpustakaan, anggaran perpustakaan, tenaga pengelola perpustakaan dan koleksi serta promosi perpustakaan.

"Dari penilaian 6 komponen ini MAN 1 Lotim sukses meraih nilai 822 poin," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Kabid Penmad), Ali Fikri, mengungkapkan pentingnya menilai dan evaluasi terhadap perpustakaan. Hal itu dilakukan untuk mengetahui kualitas perpustakaan didalamnya. 

Tidak hanya itu, program perpustakaan yang baik, jelasnya, kedepan dapat memperkuat literasi di sekolah. Tak heran jika ia mengapresiasi prestasi yang disematkan kepada para pemenang lomba, termasuk MAN 1 Lotim. 

Ali Fikri berharap, kedepan pelayanan dan sistem kerja tim perpustakaan MAN 1 Lotim dapat menjadi percontohan bagi madrasah lainnya. Selain itu, kedepan ia berjanji akan mendorong madrasah agar dapat meningkatkan mutu layanan perpustakaan. 

"Ini harus dapat dicontoh oleh madrasah lainnya, kedepan pihak Penmad akan mendorong madrasah untuk bisa meningkatkan mutu layanan perpustakaannya tegas kabid termuda di kanwil kemenag NTB ini," tutupnya. (hs)

Posting Komentar

0 Komentar