Jejak Terkini

Penyu Raksasa Ditemukan Mati di Pantai Labuan Haji

MATI: Penyu berukuran raksasa ini ditemukan mati dan bangkainya sudah membusuk.

SELONG
-- Seekor penyu ditemukan dalam kondisi sudah mati di tepi pantai Labuan Haji, Kecamatan Labuan Haji, Lombok Timur.

Bangkai reptil laut ini ditemukan sekitar pukul 22.00 Wita. Penemuan ini oleh salah salah seorang dari jajaran Akademi Ilmu Pelayaran (AIP) yang tengah beracara menikmati api unggun di sekitar wisata pantai tersebut.

"Kebetulan kami sedang ada acara api unggun di wisata Pantai Labuan Haji, dan di pinggir pantai kita ketemukan penyu itu," kata Staf Ketarunaan, Lalu Wildan saat dihubungi JEJAK LOMBOK melalui sambungan seluler, Minggu (25/7).

Ia menerangkan, hewan reptil itu ditemukannya dalam kondisi mati. Kemungkinan, kata dia, hewan laut itu telah terdampar beberapa hari yang lalu.

Apa yang dilontarkan itu setelah melihat kondisi bangkai penyu yang telah membengkak. Bahkan, kulit binatang bercangkang itu sedikit terkelupas dan sudah mengeluarkan bau tak sedap.

Namun demikian dirinya belum tahu pasti jenis reptil tersebut. Sebab, ada yang menyebut penyu biasa ada juga yang mengatakan berjenis penyu belimbing.

Bangkai penyu tersebut, terangnya, cukup besar. Panjangnya sampai sekitar 1 meter lebih.

Dia menerangkan, bangkai tersebut ditemukannya sekitar pukul 22.00 Wita. Penemuan ini juga telah dilaporkan tadi pagi ke pihak yang berwenang.

"Kita laporkan pagi, kita tidak sempat pinggirkan kemungkinan sudah terseret ombak atau bagaimana kita belum tahu," ucapnya.

Dirinya mengaku belum tau pasti penyebab kematian hewan tersebut. Ia menduga kematian reptil laut itu secara alami atau bisa jadi disebutnya karena faktor umur.

Saat ditanya apakah penyebabnya lantaran ekosistem Pantai Labuan Haji, dirinya tak bisa memastikan.

Namun demikian, dirinya menduga bisa jadi penyebab kematiannya lantaran pengaruh ekosistem pantai tersebut. Sebab, belakangan sampah di lokasi tersebut.

Di lain sisi, angin laut disebutnya sedang besar dan juga air laut tengah mengalami pasang.

"Kita temukan sudah mati, sempat kita sentuh juga. Tapi kita tidak pindahkan, sudah mengeluarkan bau, matanya juga sudah membengkak," ucapnya.

 "Karena mati sudah beberapa hari juga," imbuhnya. (kin)

Posting Komentar

0 Komentar