Jejak Terkini

Pusat Kepurbakalaan Sudah Hadir di Lotim

PERESMIAN: Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy bersama Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah saat meresmikan pusat museum mini Universitas Hamzanwadi.

SELONG
-- Bagi pencinta sejarah, nampaknya akan berbahagia. Pasalnya saat ini pusat kepurbakalaan telah hadir di Lombok. 

Fasilitas tersebut berada di museum mini Universitas Hamzanwadi Selong, Kabupaten Lombok Timur. Di museum ini, terdapat 115 koleksi benda bersejarah.

Beberapa koleksi tersebut seperti kapak batu, kapak corong dari logam, patung Dewa Siwa dan wayang. Ada juga benda-benda peninggalan masa kolonial Belanda, serta peninggalan sejarah lainnya.

Keberadaan museum ini diharapkan menjadi pusat informasi kebudayaan bagi mahasiswa dan masyarakat, terutama di daerah ini.

Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy menyampaikan, dengan adanya museum itu, ia berharap kegiatan pameran bisa dilakukan sesering mungkin. Mengingat banyaknya masyarakat awam yang belum mengenal sejarah dan kepurbakalaan.

Orang nomor satu di Lombok Timur ini berkomitmen memfasilitasi kegiatan tersebut. Dengan demikian masyarakat dapat menambah pengetahuan tentang kesejarahan dan kepurbakalaan, khususnya di Lotim.

"Jangan hanya dua kali setahun. Bila perlu 10 kali di Lombok Timur,” ungkapnya, Selasa (22/6).

Sementara itu, Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut. Dia berharap tak sekedar memenuhi kewajiban.

"Tetapi dapat diperkenalkan kepada seluruh masyarakat se-NTB," tandasnya. (kin)

Posting Komentar

0 Komentar