Iklan

terkini

Pekan Ini, Dua Lokasi Wisata Dibersihkan Dispar Lobar

Jejak Lombok
Sunday, June 20, 2021, Sunday, June 20, 2021 WIB Last Updated 2021-06-20T09:58:26Z

BERSIH: Beginilah suasana pemandangan bersih setelah aksi gotong royong yang dilakukan Dispar Lobar di Sekotong Barat.

GERUNG
-- Pekan ini, jajaran Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Barat (Lobar) kembali melakukan aksi bersih-bersih kawasan wisata. Kali ini giliran Pantai Kuranji, Kecamatan Labuapi yang dibersihkan.

Usai melaksanakan aksi bersih-bersih, pada Jumat (18/6) lalu, pagi tadi (20/6), jajaran Dispar melaksanakan aksi bersih-bersih di sepanjang garis Pantai Dermaga Tawun Desa Sekotong Barat. 

Aksi bersih-bersih kali ini merupakan inisiasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sekotong Barat.

Selain jajaran Dispar Lobar dan anggota pokdarwis, kegiatan yang dimulai sejak pukul 8 pagi itu juga diikuti puluhan orang dari Pemerintah Desa Sekotong Barat. Terlibat pula para pegiat dan pengelola wisata sekitar, anggota klub sepakbola Molek FC, dan masyarakat sekitar.

"Kami merasa bangga dan termotivasi dengan keikutsertaan berbagai komunitas dalam kegiatan bersih pantai kali ini. Walaupun kami tidak pakai undangan," ungkap Ketua Pokdarwis Sekotong Barat, Yon.

Ia menjelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen dalam memberikan kenyamanan bagi para pengunjung di berbagai destinasi wisata yang ada di desa Sekotong Barat. Kegiatan ini secara rutin dilaksanakan tiap pekan oleh sekitar para anggota pokdarwis Desa Sekotong Barat di beberapa lokasi terpisah.

Komitmen anggota Pokdarwis dan Pemerintah Desa Sekotong Barat mendapat apresiasi tinggi dari Kepala Dispar Lobar, Saiful Ahkam. Ia berharap kegiatan semacam ini menjamur di seluruh kawasan wisata yang ada di Lobar.

"Dispar Lobar sangat mengapresiasi keterlibatan komunitas-komunitas yang ada di Sekotong pada kegiatan seperti ini. Jika Pokdarwis punya kegiatan, Dispar Lobar siap mendukung dan turun bersama-sama pada setiap kegiatan yang di adakan," ujarnya.

Bukan tanpa arti, aksi bersih-bersih kawasan wisata diharapkan mampu mengedukasi dan menggugah kesadaran masyarakat. Edukasi ini khususnya masyarakat di kawasan wisata di Lobar agar dapat lebih peduli terhadap kebersihan. 

Di samping itu, kegiatan semacam ini juga dapat menjadi ajang silaturahmi dan diskusi pengembangan pariwisata. 

"Esensinya itu pemberdayaan dan ruang interaksi partisipatori antar pelaku dengan dinas. Gotong royong bersih-bersih, dan sesudahnya itu diskusi seputar pariwisata. Value nya di sana. Selain itu adalah untuk penguatan destinasi," tegasnya.

Pemerintah Kabupaten Lombok Barat memiliki agenda besar dalam Calendar of Event Lombok Barat tahun 2021. Khusus di wilayah selatan Kabupaten Lombok Barat, pemerintah melalui Dinas Pariwisata menyiapkan beberapa event, yakni Lombok Barat Adventure, dan Festival Air "The South Land Dance". Kedua event ini rencananya akan digelar pada bulan Oktober.

Festival Air sendiri rencananya akan digelar di dua lokasi. Yakni kawasan Sekotong dan Kawasan Pantai Cemare Lembar. 

Dalam event ini akan ada aneka kegiatan mulai dari bazar dan kuliner makanan laut, island family trip, fun snorkling dan diving. Ada pula aneka lomba seperti lomba mancing ngampar, lomba perahu hias, dan lainnya. 

Untuk hiburan rencananya akan dimeriahkan dengan hiburan musik tengah laut, fire dance, dan festival layang-layang.

"Sedianya 14 event kita siapkan. Namun dengan kondisi saat ini, kita harus cermat membaca situasi. Beberapa terpaksa kita batalkan akibat Covid-19 yang masih tinggi, sisanya kita harus memikirkan strategi dan pola untuk menyesuaikan dengan protokol," pungkas Ahkam. (jl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pekan Ini, Dua Lokasi Wisata Dibersihkan Dispar Lobar

Terkini

Iklan