Giliran 300 Pelaku Usaha Divaksin di Lobar

Pelaku wisata di Lombok Barat divaksin untuk gelombang ketiga.

GERUNG
-- Demi membantu mendorong pencegahan penyebaran Covid-19 serta mendorong percepatan pemulihan pariwisata di Lombok Barat (Lobar), sedikitnya 300 pelaku wisata divaksin tadi pagi, Kamis (17/6).

Vaksinasi ini kerjasama dari Dinas Pariwisata (Dispar) Lobar dengan Dinas Kesehatan (Dikes) Lobar. Mereka yang divaksin masuk dalam gelombang ketiga bagi pegawai hotel.

Vaksinasi kali ini bertempat di Sheraton Senggigi Beach Resort.

Sampai saat ini Dikes Lobar bersama Dispar Lobar telah melakukan vaksinasi kepada seribu lebih pelaku wisata. Kabar itu disampaikan Kepala Dikes Lobar Hj. Ni Made Ambaryati saat melakukan pemantauan di lokasi kegiatan.

“Selain 2.350 nakes yang sudah kami vaksinasi sejak Januari 2021, setelah itu pelayanan publik, kemudian dari pelaku wisata kami sudah bisa memvaksin 1.322 yang sudah dapat dosis ke-2," ucapnya.

Jumlah tersebut belum termasuk hari ini. Dari 300 orang peserta yang divaksin, pihaknya menyiapkan 400 dosis.

Menurutnya, pelaku wisata merupakan salah satu target prioritas untuk mendapatkan vaksinasi. Ini tidak lepas dari perannya dalam sehari-hari, yaitu bertemu dengan banyak orang dari dalam dan luar negeri.

Ia tak menampik jika semua yang mau masuk ke hotel sudah diantisipasi dengan persyaratan rapid antigen. Namun untuk pelaku perjalanan hanya berlaku dua hari saja, dan tidak ada jaminan untuk tidak terpapar.

Ia kemudian berpesan kepada semua peserta vaksinasi yang hadir agar tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditentukan walaupun sudah tervaksin. Pesan ini dispaikan karena kemungkinan untuk terpapar covid-19 tetap masih ada.

Sampai saat ini, sudah ada satu hotel di Lobar yakni Aruna Senggigi Resort & Convention yang telah mencapai seratus persen angka pegawai yang sudah tervaksinasi. Direncanakan sembilan hotel lainnya dalam dua minggu ke depan akan menyusul.

General Manager Aruna Senggigi Resort & Convention, Weny Kristanti mengatakan, vaksinasi kepada pelaku wisata merupakan kampanye bahwa destinasi wisata yang ada di lobar sudah siap menerima tamu. Destinasi di Lobar siap menawarkan keamanan dari kemungkinan terpapar covid-19. 

Senada, General Manager The Jayakarta Resort & Spa Lombok Cherry Abdul Hakim juga menyampaikan, vaksinasi bisa menjadi media promosi pariwisata khususnya Lobar. Dengan adanya predikat seratus persen karyawan sudah tervaksin, akan menjadi nilai plus bagi sebuah destinasi memperoleh pengunjung.

Begitu juga dengan General Manager Sheraton Senggigi Beach Resort, Teezar Mirza. Ia menyampaikan tujuan vaksinasi  juga sebagai nilai kredibilitas suatu hotel kepada para pengunjungnya. Dengan status vaksinasi dan penerapan CHSE yang ketat di lingkungan hotel, akan memberikan jaminan tersendiri bagi para tamu yang datang.

Ia kemudian menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Lombok Barat yang telah memberikan perhatian dan prioritas kepada para pelaku pariwisata. Ia berharap dengan adanya program vaksinasi, pemulihan pariwisata dan pemulihan ekonomi di Lobar maupun nasional bisa dipercepat. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar