Jejak Terkini

Destinasi Bubble Island Bakal Diresmikan, Lokasinya Dimana?

BERFOSE: Kadispar NTB, H Yusron Hadi (tengah) saat berfose bersama para pegiat pariwisata NTB.

MATARAM
-- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI dijadwalkan berkunjung ke NTB selama dua hari. Kunjungan direncanakan hari ini Kamis (6/5) hingga besok, Jum'at (7/5).

Kedatangan sang menteri sedianya untuk meluncurkan sejumlah destinasi yang ada di NTB. Sejumlah destinasi ini bakal dijamin menerapkan standar protokol kesehatan pandemi Covid-19.

"Destinasi ramah dan bebas pandemi ini yang sedang kita gagas," ucap Kepala Dinas Pariwisata NTB, H Yusron Hadi, Rabu (5/6).

Terkait kehadiran Menparekraf, Sandiaga Uno, pihaknya berharap bisa menjadi berkah tersendiri bagi pariwisata NTB. Kehadiran Sandiaga setidaknya menjadi nafas baru dan mampu membangkitkan pariwisata nasional berdampak pertumbuhan ekonomi berawal dari NTB.

Ada sejumlah destinasi yang akan diluncurkan. Diantaranya Bubble Destination dan Bubble Island. 

Kedua lokasi ini merujuk pada 3 Gili di Lombok Utara dan kawasan gunung Rinjani.

Guna pembenahan di destinasi tersebut, pihaknya berharap pemulihan pariwisata Lombok - Sumbawa pasca pandemi nanti, percepatan dana hibah yang diperluas Kemenparekraf. 

Dari sisi pembenahan, Yusron merinci beberapa sektor untuk mendukung pemulihan pariwisata pasca pandemi. Salah satu sektor yang menjadi sorotan adalah sektor transportasi. 

Ia menyebut, Lombok-Sumbawa membutuhkan tambahan slot penerbangan langsung dari dalam maupun luar negeri. Sektor pembangunan infrastruktur dan fasilitas pendukung menjadi perhatian selanjutnya. 

Begitu juga dengan menciptakan destinasi buatan untuk memperkaya obyek wisata di NTB sangat penting. "Dukungan investor datang dan berinvestasi di NTB menciptakan destinasi buatan sangat penting. Ini akan menjadi perhatian wisatawan karena ada tawaran paket wisata yang baru," ujarnya. 

Karena itu, dengan kehadiran Sandiaga Uno diharap bisa memfasilitasi pihaknya mendatangkan investor. Selain itu juga, bisa memotivasi UMKM lokal mau berinvestasi di destinasi buatan tersebut.

Ia mengaku, masih banyak terobosan-terobosan baru yang bakal dilakukan pihaknya. Terobosan ini terutama dalam bidang promosi dan pemasaran. 

"Untuk tahap awal ini, kami menyiapkan sejumlah destinasi yang ramah pandemi covid-19. Jadi ayo ke Lombok-Sumbawa," tandasnya. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar