Jejak Terkini

Optimis, Islam Indonesia Berkontribusi untuk Peradaban

WEBINAR: TGH M Zainul Majdi saat mengikuti diskusi bertema Rumah Kita bersama Forum Studi Islam.

MATARAM
-- Perjalanan sejarah Indonesia menghamparkan banyak karunia. Dengan ribuan pulau, ratusan etnis dan dan bahasa ditambah dengan sejarah yang beragam telah menjadi corak tersendiri bagi masyarakat dunia.

Dari ragam perbedaan yang ada di negara ini telah bersepakat menghimpun diri dalam sebuah negara. Semua entitas etnis, agama dan perbedaan lainnya itu dikikis dan melebur dalam negara bernama Indonesia.

“Indonesia sesuatu yang abstrak ada kenapa kemudian bisa mempercayai. Karena ini ada  rasa ingin menghimpun diri. Rasa ingin bersama,” ungkap TGB HM Zainul Majdi, Sabtu (3/4).

Terhimpun ya segala perbedaan dari beragam perbedaan itu disebutnya bukan tanpa sebab. Tuhan meletakkan kesamaan cara pandang terhadap semua entitas yang berbeda itu tentang pentingnya bersatu dalam sebuah negara.

“Siapa yang meletakkan rasa ini, tentu saja Allah. Hingga kemudian para founding father diberi kesamaan cara pandang, ini sesuatu yang tak bisa dibayar dengan apapun,” imbuhnya.

Dengan ragam perbedaan yang ada, Indonesia yang dihuni mayoritas muslim telah menunjukkan peran vitalnya. Kerukunan umat beragama dan toleransi di negara ini harus tetap dijunjung tinggi.

Figur yang getol menyuarakan "Islam Moderat" ini optimis masyarakat muslim di negara ini bisa memberi kontribusi peradaban. Tidak saja untuk Indonesia, tapi dunia.

Hanya saja sara optimisnTGB ini bersyarat. Semua masyarakat Indonesia, khusunya Islam harus saling mencintai satu sama lain. Saling percaya antara umat beragama juga sangat penting dengan merawat toleransi.

"Kalau syarat itu sudah terpenuhi, kontribusi peradaban itu bukan angan-angan. Insyaallah akan menjadi nyata," ucapnya.

Apa yang dilontarkan TGB ini disampaikan dalam kegiatan diskusi bertema "Rumah Kita". Kegiatan ini dilaksanakan Forum Studi Islam (FSI) Lembaga Dakwah Fakultas di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.

Hadir dalam kegiatan itu Director Jamaica Muslim Center New York USA Imam Shamsi Ali. Ada juga Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. Dimana diskusi ini digelar secara virtual.

Kepada peserta webinar, TGB mengingatkan pentingnya menjaga rasa persaudaraan. Memiliki trust, saling berpikir baik, saling mengapresiasi, dan saling support. Sumber daya di darat maupun di laut akan berjalan dengan maksimal ketika ada saling menghargai dan menghormati, serta memanusiakan satu sama yang lain. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar