Iklan

terkini

5 Air Terjun di Lombok Barat yang Harus Dikunjungi

Jejak Lombok
Saturday, April 24, 2021, Saturday, April 24, 2021 WIB Last Updated 2021-04-23T19:26:25Z

Air terjun Tete Batu

GERUNG
— Anda ingin menemukan keseruan melancong di air terjun? Sepertinya Kecamatan Narmada dan Gunungsari di Lombok Barat sudah memberikan jawaban itu.

Di wilayah kecamatan ini cukup banyak air terjun yang sangat direkomendasikan dikunjungi para traveller. Dari jejakan media ini, cukup banyak air terjun yang sudah menanti.

Namun dari banyak air terjun itu, ada lima saja yang direkomendasikan. 

Tembiras

Air terjun Tembiras

Curug Tembiras merupakan salah satu air terjun yang berada di kedalaman hutan Aiknyet, Desa Buwun Sejati, Kecamatan Narmada.

Menuju ke air terjun ini, pengunjung bisa mengaksesnya dengan melewati jalur setapak yang lebarnya mencapai dua meter. Agak sulit menemukan air terjun ini, tapi jangan khawatir, bertanya kepada warga sekitar sepertinya bisa membantu memudahkan menemukan lokasinya.

Karena berada di kedalaman hutan, pengunjung harus siap-siap bersahabat dengan hawa sejuk nan dingin. Dengan view yang indah dan khidmat, dipastikan pengunjung bakal betah berlama-lama.

Lokasi air terjun ini masih alami. Ini karena belum banyak yang mengetahui keberadaannya. Yang jelas, curug ini tidak saja menyajikan sensasi berwisata, tapi juga berpetualang.

Tibu Goa

Air terjun Tibu Goa

Masih di kedalaman hutan Sesaot, Kecamatan Narmada, Air Terjun Tibu Goa juga sudah menanti. Di sini, sejumlah spot wisata sudah menunggu para petualang alam lepas.

Sebelum sampai di air terjun ini, sebenarnya ada juga air terjun lain, yakni Tibu Sendalem. Hanya saja Tibu Goa lokasinya lebih jauh dan harus melewati Tibu Sendalem yang berjarak sekitar 2 kilometer.

Tibu Goa merupakan curug anyar. Air terjun ini ditemukan warga sekitar beberapa bulan lalu. Namun sejak beberapa bulan belakangan ini, air terjun tersebut sudah ramai dikunjungi.

Ditemukannya air terjun ini tidak lepas dari jasa para pencari ayam hutan. Mereka inilah yang menyiarkan keberadaannya dari mulut ke mulut.

Tete Batu

Air terjun Tete Batu

Anda bosan menikmati pemandangan pantai? Tenang! Masih ada lagi obyek wisata air terjun yang bisa menjawab keinginan Anda.

Salah satu air terjun yang bisa dijadikan tujuan adalah Tete Batu. Sebuah air terjun yang berada di kedalaman hutan Kumbi, Desa Pakuan, Kecamatan Narmada.

Air terjun ini berada di wilayah Taman Hutan Raya (Tahura) Nuraksa. Sebuah hutan lindung dan konservasi dengan luas tidak kurang dari 3.155 hektar.

Menuju lokasi air terjun ini sangat mudah. Pengunjung bisa melewati pintu masuk  Taman Hutan Raya (Tahura) Nuraksa yang berjarak 6 kilometer dari pintu masuk.

Berkunjung ke air terjun ini banyak bonusnya. Selain bisa ke air terjun, masih banyak pula air terjun lain di sekitarnya. Belum lagi beberapa gua yang bisa dijadikan sebagai persinggahan.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi, medan yang dilalui cukup menarik dan menantang. Treknya selain cocok ditapaki, bagus pula untuk olahraga sepeda dan motor trail.

Belum lagi di sekeliling hutan ini tersedia berbagai jenis vegetasi dan satwa liar. Beberapa diantaranya seperti rusa, kelinci, dan berbagai jenis burung.

Setelah lelah berpeluh menapaki perjalanan, di lokasi Air Terjun Tete Batu, pengunjung akan dihamparkan pemandangan menakjubkan. Air terjun setinggi kurang lebih 15 meter sudah siap memberi kesegaran tak berkesudahan.

Temburun

Air terjun Temburun

Air terjun umumnya identik dengan lokasi terpencil di dalam hutan. Namun, berbeda dengan air terjun Temburun yang ada di Desa Penimbung, Kecamatan Gunungsari. Air terjun ini terletak di atas bukit dan dikelilingi dengan tebing-tebing tinggi. 

Selain itu, di sebelahnya terdapat hutan dengan pepohonan rindang. Menuju lokasi air terjun ini para pengunjung berjalan kaki sekitar kurang lebih 500 meter melewati rumah warga dengan jalann menurun. Daya tarik utama air terjun ini pada suguhan view indah air terjun setinggi 15 meter. 

Di sekeliling air terjun yang masih alami berupa hutan, juga dikelilingi tebing menjulang. Suasana yang masih alami tersebut adalah salah satu faktor yang memikat bagi para pengunjung, utamanya para traveller pemburu spot foto alam.

Menuju lokasi ini memang cukup menantang. Sebab, pengunjung melewati jalan turunan dan masih harus menerobos semak belukar yang tumbuh liar.

Karena kondisinya seperti itu, belum banyak pengunjung yang mengetahuinya. Curug ini belum dieksplorasi secara luas. Namun begitu, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan keindahan yang eksotis saat tiba di lokasi. 

Segenter

Air terjun Segenter

Wisata Aire Terjun Segenter berada di bagian sisi timur Sesaot, tepatnya di Dusun Kumbi, Desa Pakuan, Kecamatan Narmada.

Wisata ini juga berada di kawasan Taman Hutan Raya Nuraksa. Jarak tempuh ke lokasi sekitar 30 km dari Kota Mataram. Dari pintu gerbang masuk jaraknya sekitar 4 km dengan melewati jalur hutan yang asri.

Untuk ke lokasi, dari tempat parker kendaraan, pengunjung harus jalan kaki menuruni anak tangga. Tidak sampai lima menit berjalan,pengunjung sudah sampai di lokasi.

Kendati air terjun ini tidak terlalu tinggi, tapi kolam limpahan airnya yang cukup luas menjadi daya tarik tersendiri. Di kolam ini pengunjung dengan leluasa mengekspresikan kepenatan.

Untuk pengunjung yang gemar berswafoto, terdapat spot yang memperlihatkan keindahan air terjun dari ketinggian sebagai latar.

Daya tarik lain di air terjun ini, terdapat Gua Pengkoaq yang lokasinya kira-kira berjarak kurang dari 800 meter. Gua ini biasanya sering dikunjungi umat Hindu melakukan persembahyangan dan melukat atau mandi suci. (jl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 5 Air Terjun di Lombok Barat yang Harus Dikunjungi

Terkini

Iklan