Iklan

terkini

Di Depan Menag, Gubernur Singgung Toleransi Beragama

Jejak Lombok
Friday, March 12, 2021, Friday, March 12, 2021 WIB Last Updated 2021-03-12T11:08:33Z

KUNJUNGAN: Menag RI, Yaqut Cholil Choumas saat didampingi Gubernur NTB, H Zulkifliemansyah saat berkunjung ke NTB.

MATARAM
-- Tiga gedung sarana prasarana milik Kementerian Agama Kantor Wilayah NTB diresmikan. Ketiga gedung ini untuk mendukung pelaksanaan kinerja jajaran instansi itu.

Ketiga gedung itu diresmikan Menteri Agama RI H. Yaqut Cholil Choumas di Aula MAN 2 Mataram, Kamis (11/3). Pada peresmian, ia didampingi Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, Danrem 162/WB Brigjen TNI Rizal Ramdhani, Kakanwil Kemenag NTB dan sejumlah pihak lainnnya.

Adapun gedung yang diresmikan tersebut diantaranya Gedung Asrama Terpadu MAN Insan Cendikia Lombok Timur, Gedung MAN 2 Mataram, MTsN 3 Lombok Timur dan Gedung Kemenag Kabupaten Lombok Utara (KLU). Pembangunan ketiga gedung tersebut dikerjakan melalui dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2021.

Kala peresmian, pria yang karib disebut Gus Yaqut ini mengingatkan agar pengelolaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana milik Kemenag di seluruh Indonesia dikelola maksimal. Hal sama juga agar pesan ini berlaku di lingkup Kemenag NTB.

Pesan ini dilontarkan Gus Yaqut lantaran biaya anggaran pembuatannya tidak sedikit. Fasilitas tersebut tidak boleh disia-siakan.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada kinerja aparatur Kanwil Kemenag NTB yang mampu menyelesaikan sarana prasarana ketiga gedung yang kita resmikan hari ini dengan baik," ucapnya.

Sementara itu, Gubernur NTB H. Zulkieflimansyah menyambut baik kesempatan Menag RI berkunjung ke NTB. Ia berharapan kedepan dengan kunjungan itu Menag memiliki perhatian lebih terhadap pembangunan keagamaan di NTB demi kemajuan daerah.

Pada kesempatan tersebut gubernur di hadapan Menag RI juga menyampaikan, kerukunan ummat beragama di NTB terjalin dengan baik. Demikian juga kerjasama lintas sektor antara Pemprov NTB dengan Kanwil Kemenag NTB.

Pola hubungan lintas sektor selama ini terbangun dengan baik dan akan terus dikembangkan. Ini penting agar selalu bersinergi dalam memacu sumberdaya manusia di NTB menjadi lebih unggul.

Ia juga menyinggung tentang keberadaan Bank NTB Syariah, Gubernur yang mengaku pernah bersama sebagai anggota DPR RI dengan Menteri Agama ini. Ia menunjukkan bahwa Bank NTB  merupakan salah satu Bank yang menerapkan pola syariah bersama Bank Syariah Aceh.

Bank NTB Syariah menjadi salah satu bank yang menjadi rujukan pengembangan bank syariah di Indonesia. Bahkan hal ini sudah mendapatkan pengakuan secara nasional.

“Meski namanya Bank NTB Syariah, namun karyawannya juga tidak sedikit berasal agama non Muslim," ucapnya.

Kondisi ini, ucap gubernur, menunjukkan NTB dalam menjaga toleransi dan kerukunan ummat beragama bisa diwujudkan. Salah satu caranya dengan cara bekerjasa bersama membangun NTB melalui sektor perbankan syariah. 

Tak hanya itu, Zulkifliemansyah juga ingin menunjukkan kepada dunia sehubungan dengan pelaksanaan MotoGP mendatang di KEK Mandalika Lombok. Ia memastikan, pihaknya ingin menunjukkan toleransi tersebut di hadapan tamu-tamu kami dari berbagai belahan dunia. (jl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Di Depan Menag, Gubernur Singgung Toleransi Beragama

Terkini

Iklan