Jejak Terkini

Kunjungi NTB, Ini Kata Luhut Soal UMKM

Luhut Binsar Panjaitan

MATARAM
-- Provinsi NTB terpilih sebagai tuan rumah penyelanggaraan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Ditunjuknya NTB sebagai tuan rumah BBI sekaligus didapuk sebagai tuan rumah bangga berwisata melalui pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) Seri I bertajuk Eksotisme Lombok.

Penunjukan ini rupanya memberi peluang emas bagi pengembangan, peningkatan kualitas dan peningkatkan kegiatan promosi produk-produk UMKM/IKM masyarakat NTB. Peningkatan promosi ini tentunya nerlaku di pasar nasional bahkan diharapkan semakin meluas di pasar dunia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, pemerintah pusat melalui Bank Indonesia akan terus mendorong UMKM di Indonesia. Dukungan ini khususnya yang ada di NTB.

lewat dukungan tersebut diharap UMKM daerah ini terus berinovasi dan berkreasi meningkatkan kualitas produk-produknya. Ini penting dalam memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri maupun luar negeri.

Menurutnya, melalui gerakan BBI menjadi sebuah terobosan yang besar sebagai tonggak semangat pemerintah mendukung produk lokal menguasai negeri. 

Ini juga kali pertamanya para pejabat negara dan swasta bersama-sama belanja produk-produk UMKM-UMKM Indonesia. Karena UMKM adalah bagian dari pilar ekonomi bangsa, sehingga gerakan ini diharapakan menjadi kebiasaaan baru untuk mengutamakan belanja produk-produk lokal Indonesia.

"Mari kita dukung pelaku UMKM/IKM NTB dengan membeli dan mempromosikan produk-produk unggulannya. Saya berharap kegiatan ini dapat membantu perputaran roda ekonomi di daerah maupun Indonesia," harapnya.

Lontaran itu disampaikan pada kegiatan Belanja Bersama Produk UMKM Eksotisme Lombok. Dimana kegiatan itu dilaksanakan melalui daring yang disaksikan Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah, bersama Kepala Perwakilan Bank NTB Provinsi NTB, di Aula Kantor Perwakilan BI Provinsi NTB, Rabu (10/3).

Senada, Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalillah juga mengungkapkan, gelaran Gernas BBI yang diinisiasi Bank Indonesia didukung penuh oleh kementerian lembaga terkait. Kegiatan ini merupakan wujud nyata dari pemerintah membantu dan membangkitkan produk-produk lokal UMKM NTB di tengah pandemi Covid-19. 

"Kami pemerintah dan masyarakat NTB sangat bersyukur kepada BI dan kementerian yang memfasilitasi untuk memperkenalkan produk-produk UMKM masyarakat dan destinasi pariwisata di NTB kepada dunia," ucapnya. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar