728x90

ad

Kantor Disdukcapil Lombok Barat Diresmikan Dirjen Dukcapil Kemendagri

DIRESMIKAN: Dirjen Dukcapil Kemendagri RI Sudan Arif Fakrullloh didampingi Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid saat meresmikan Kantor Dukcapil setempat.

GERUNG
-- Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Zudan Arif Fakrulloh meresmikan Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Lombok Barat, Sabtu (20/3).

Ia meresmikan kantor tersebut didampingi Bupati Lombok Barat (Lobar), H Fauzan Khalid dan Wakil Bupati Lobar Hj Sumiatun.

Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti. Kegiatan ini sendiri bertempat di Aula Kantor Baru Disdukcapil Lobar.

Bupati Fauzan Khalid dalam sambutan singkatnya menyampaikan Disdukcapil Lobar melakukan terobosan program yakni sebuah gerakan ‘Kabarku Pasti”. 

Kabarku Pasti merupakan singkatan dari KK dan KTP-el Baru, Buku Nikah dan Buku Panduan (Kabarku) bagi Pasangan Suami-Istri (Pasti). Isinya yaitu pemberian Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik baru, Buku Nikah, dan Buku Panduan Keluarga Sakinah pasangan suami istri sesaat setelah melangsungkan pernikahan.

“Melalui program Kabarku Pasti, setiap pasangan suami istri yang baru menikah di Lobar selain Buku Nikah juga akan mendapatkan 2 KTP elektronik suami dan istri dengan status kawin dan tiga KK baru yaitu KK pengantin, dan perubahan KK orangtua pengantin masing-masing," katanya. 

Kabarku Pasti, lanjutnya, bertujuan mendekatkan pelayanan adminduk, menyajikan data yang up to date, serta menghindari penyalahgunaan adminduk.

Selain itu kata dia, Disdukcapil Lobar akan segera melakukan MoU dengan Dinas Dikbud Lobar, PKK dan termasuk OPD yang lain untuk memperlancar pelayanan kepada masyarakat.

Beberapa bulan lalu lanjutnya, pihaknya mengumpulkan keluarga besar Disdukcapil Lobar di tempat tersebut. Tujuannya untuk meminta mereka semua menandatangani pakta integritas.

Di dalam pakta integritas itu, tidak boleh meminta sesuatu dari masyarakat yang dilayaninya. Termasuk bagaimana semaksimal mungkin mereka memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. 

Dikatakan bupati, pegawai honor yang ada di Disdukcapil Lobar tidak ada yang masuk dalam Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 

“Mudah-mudahan ini menjadi salah satu prioritas untuk diakomodir oleh Kementerian Dalam Negeri RI melalui Dirjen Dukcapil, dan saya yakin Pak Dirjen bisa,“ harapnya.

Sementara itu, Dirjen Dukcapil Kemendagri RI dalam arahannya mengapresiasi Gedung Disdukcapil Lobar sebagus ini. 

“Dulu saya ke sini masih ingat, pelayanannya sangat sederhana bahkan loketnya saja untuk melayani masyarakat melalui jendela, bukan pintu utama. Saya lihat semangatnya luar biasa. Apalagi sekarang pasti pelayanannya sangat cepat,“ pujinya. 

Sebagai motivasi kepada seluruh jajaran Disdukcapil Lobar, Dirjen berharap fasilitas tersebut bisa menjadi motivasi bagi Dinas Dukcapil Lobar untuk memberikan pelayanan paling baik, nyaman dan cepat bagi seluruh masyarakat Kab. Lobar.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan Adminduk oleh Dirjen RI  kepada: pertama,  H. Munaim, penyandang disabilitas dengan kesadaran sendiri mengurus administrasi berupa KK dan Akta Kelahiran. 

Kedua, Tajudin, Kepala Desa Taman Ayu yang telah aktif melaporkan dan meminta pelayanan by request bagi lansia berupa 19 keping KTP dan 21 KK. 

Ketiga, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar Kecamatan Kediri yang telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Dinas Dukcapil untuk percepatan kepemilikan KIA telah terbit 2.393 keping. Saat ini diserahkan 238 Keping Kartu Identitas Anak untuk siswa 3 SD. 

Keempat, Zulkadri, petugas Registrasi Kependudukan Desa Kuripan Utara yang aktif melakukan pelayanan kolektif untuk 15 KK dan 2 SKPWNI. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar