Jejak Terkini

Destinasi Wisata Harus Aman, Ini Langkah yang diambil Pemprov NTB

SUKA CITA: Kehadiran Sekda NTB, HL Gita Ariadi disambut sukacita oleh personel Satpol PP NTB.

MATARAM
-- Percuma NTB memiliki destinasi wisata indah jika tak dibarengi rasa aman. Kondisi ini menjadi atensi Pemprov NTB agar wisatawan yang berkunjung merasa nyaman dan terlindungi.

Diketahui, NTB merupakan destinasi pariwisata super prioritas nasional. Status ini disandang setelah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI memberikan label itu.

Karena itu, Pemprov NTB terus berupaya menjalin sinergi dengan berbagai stakeholders. Langkah ini diambil untuk mewujudkan tujuh ikon pariwisata (sapta pesona).

Hal tersebut diungkapkan Sekda NTB H Lalu Gita Ariadi pada saat memberikan sambutan rapat koordinasi kesiapsiagaan Satpol PP dan Satlinmas. Rapat sengaja digelar dalam rangka mendukung pariwisata di NTB.

Rapat yang digelar di Wisma Tambora NTB, Senin (29/3), itu menekankan pentingnya sinergitas berbagai stakeholders. Tentu termasuk Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas).

“Satpol PP sudah mengambil porsi yang sangat penting. Yaitu harus memberikan jaminan rasa aman," ucapnya.

Hanya saja, tanggung jawab ini tidak hanya dibebankan ke pundak Satpol PP dan Satlinmas. Karena itu, penting pula terus berkoordinasi dengan aparat keamanan lainnya.

Kehadiran Satpol PP dan Satlinmas mendapatkan apresiasi penuh dari Sekda NTB. Berbagai upaya yang telah dilakukan Sapol PP dan Satlinmas, tidak hanya menjaga keamanan tetapi juga mengajak masyarakat patuh terhadap Perda Nomor 07 Tahun 2020 tentang penanggulangan penyakit menular. 

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) NTB, Tri Budi Prayitno mengungkapkan, sejak dikeluarkannya Perda Nomor 07 Tahun 2020, pihaknya langsung bergerak. Hampir semua Satpol PP di kabupaten kota juga disebutnya turut ambil bagian.

Prianyangbkarib disapa Yiyit ini juga menuturkan, tantangan yang dihadapi Satpol PP adalah keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM). Namun dengan semangat dan motivasi membuat seluruh Satpol PP dapat menjalankan tugas terbaik. 

“Dengan keterbatasan SDM apabila dapat menjalankan tugas dengan baik maka itu yang luar biasa,” ungkap Kasat Pol PP.  

Sebanyak 138 peserta Satpol PP dan Satlinmas hadir dalam Rakor ini. Rakor tersebut sekaligus dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Satpol PP yang ke 71 tahun dan Satlinmas yang ke 59 tahun. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar