Iklan

terkini

Lotim Jajaki Kerja Sama Smart City untuk Good Govermance

Jejak Lombok
Friday, February 26, 2021, Friday, February 26, 2021 WIB Last Updated 2021-02-26T13:08:22Z

PENJAJAKAN: Wakil Bupati Lombok Timur, H Rumaksi saat menjajaki kemungkinan kerjasama dengan pihak BNI terkait smart city.

SELONG
--Pemkab Lombok Timur kini tengah menjajaki kerja sama smart city untuk menciptakan good governance. 

Ini mengemuka ketika Wakil Bupati Lombok Timur, H Rumaksi mengikuti pemaparan ekosistem pemerintah daerah terkait Smart City yang ditawarkan PT. BNI (Persero) Tbk, Jumat (26/2).

Pada kesempatan itu, Wabup Rumaksi menyampaikan, program Smart City yang ditawarkan PT. BNI (Persero) Tbk memiliki keterkaitan dengan Lombok Timur-net. Dimana program tersebut merupakan salah satu program pihaknya untuk meningkatkan akses dan keterhubungan masyarakat secara digital.

"Program BNI ini memiliki keterkaitan dengan program pemkab yaitu Lombok Timur-Net," ungkapnya.

Selanjutnya, Rumaksi menjelaskan akses internet melalui program Lombok Timur-net akan menjangkau seluruh dusun di 254 desa kelurahan. Menurutnya, akses yang ditujukan pula untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat tersebut dapat dimanfaatkan BNI untuk mewujudkan digitalisasi keuangan melalui smart city. 

Wabup optimis, Pemkab Lombok Timur dan BNI memiliki tujuan yang sama yaitu mewujudkan good govermance. 

Sementara itu, Bidang Humas Kelembagaan PT. BNI Persero Tbk, Hermawati menjelaskan,  konsep smart city yang ditawarkan BNI merupakan integrasi teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari. Tujuannya adalah efisiensi, perbaikan pelayanan publik dan meningkatkan kesejahteraan warga. 

Lebih detail program ini diharapkan dapat mewujudkan layanan masyarakat terpadu dan bebas pungli, penerimaan pajak dan retribusi cepat dan tepat. Termasuk terwujudnya transparansi, meningkatkan kepercayaan publik, kemudahan akses pembayaran, pelayanan publik menjadi adil, sederhana, cepat, mudah, terbuka, wajar dan terjangkau, bahkan dapat mendorong peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

Upaya tersebut mencakup semua aspek seperti Smart Government, Smart Living, Smart Environment, Smart Economy, Smart People, dan Smart Mobility. 

"BNI merupakan lembaga perbankan yang telah menandatangani MoU dengan Kementerikan Komunikasi dan Informatika untuk mendukung target 100 Smart City," ucapnya.

Saat ini BNI akan menjalankan program tahap pertama dengan merangkul 24 kabupaten kota yang sudah suport dengan program smart city salah satunya Kabupaten Lombok Timur yang akan dipadukan dengan lomboktimur.net nantinya. (hs)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Lotim Jajaki Kerja Sama Smart City untuk Good Govermance

Terkini

Iklan