Jejak Terkini

HAB Ke-75, Kantor Pelayanan Haji dan Umrah Diresmikan

PRASASTI: Bupati Lombok Barat, H Fauzan Khalid saat menandatangani prasasti Kantor Pelayanan Haji dan Umrah.

GERUNG
–Momentum peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 75 di Lombok Barat diisi dengan peresmian Kantor Pelayanan Haji dan Umrah. Kantor ini diresmikan Bupati Lombok Barat, H Fauzan Khalid.

Sebelum peresmian, Fauzan didapuk sebagai inspektur upacara peringatan HAB. Usai itu, ia tak hanya meresmikan kantor, tapi juga menandatangani prasasti kantor tersebut di halaman Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat.

Saat membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas, Bupati Fauzan mengajak memaknai semua prestasi yang telah dicapai. Segala capaian itu harus mampu menebalkan niat dan motivasi untuk lebih baik di masa datang.

“Kementerian Agama memberikan anugerah penghargaan dan apresiasi kepada seluruh elemen umat beragama tanpa membedakan satu sama lain, atas dukungan, sinergi dan kebersamaannya untuk mengawal tugas-tugas Kementerian Agama,” katanya.

Untuk itu, Peringatan Hari Amal Bakti tahun ini mengusung tema "Indonesia Rukun". Tema ini dinilai sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. 

Tanpa kerukunan, lanjutnya, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia.

“Di negara yang berdasarkan Pancasila ini, tidak ada diktator mayoritas atau tirani minoritas. Dalam kaitan itu, semua umat beragama dituntut untuk saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing, di mana hak seseorang dibatasi oleh hak-hak orang lain,” ujarnya.

Dia mengajak untuk mengedepankan akal sehat dan hikmah, kebijaksanaan dalam menyikapi berbagai persoalan keumatan dan kebangsaan saat ini. Sikap ini juga relevan digunakan di masa datang.

"Semoga pandemi Covid-19 sebagai ujian berat bagi bangsa kita dan kemanusiaan, segera berlalu dengan takdir dan pertolongan Allah. Mari jadikan agama sebagai inspirasi pembangunan bangsa dan negara,” harapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Lobar H.Baehaqi, Dandim/1606 Lobar, Kolonel Arm Gunawan, Kajari Mataram, Kepala Dishub, Kepala BPKAD, Ketua MUI Lobar. (and)

Posting Komentar

0 Komentar