Jejak Terkini

Air Sungai Meluap, Banjir Kepung Dua Desa di Pringgabaya

BANJIR: Banjir menerjang dua desa di Kecamatan Pringgabaya, yakni Labuan Lombok dan Mumbul Sari.

SELONG
–Hujan lebat siang tadi mengakibatkan banjir di dua desa. Kedua desa itu yakni Desa Seruni Mumbul dan Labuan Lombok, Kecamatan Pringgabaya Lombok Timur, Senin (14/12). 

Banjir diakibatkan karena meluapnya air sungai di sekitar lokasi.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Lotim, Iwan Setiawan mengatakan, atas kejadian ini pihaknya langsung terjun ke lokasi memberi penanganan. Beruntung dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa.

"Sementara untuk rumah yang tergenang dengan ketinggian genangan 0-1 meter di Desa Labuhan Lombok dan Desa Seruni Mumbul dalam proses pendataan," ungkapnya.

Selain air meluap ke pemukiman warga jelasnya, akibatnya akses jalan terganggu. Ini diakibatkan dengan adanya genangan air sepanjang sekitar 2 kilometer.

Dampak lain yang dirasakan dari peristiwa ini yakni tercemarnya sumur warga. Bahkan, ada pula jembatan yang dibuat rusak di Desa Labuan Lombok.

Upaya penanganan yang dilakukan BPBD berupa pengecekan ke lokasi dan asesmen. Pihaknya juga mengevakuasi mandiri warga bersama aparat gabungan.

Iwan harapkan dalam beberapa hari ke depan kewaspadaan kepada masyarakat akan bencana tetap ditingkatkan. Ini karena potensi bencana yang dapat ditimbulkan sewaktu-waktu berupa bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung dan pohon tumbang. (zaa)

Posting Komentar

0 Komentar